3 Jenis USP dalam Marketing

Bagi anda yang mungkin belum pernah dengar tentang USP adalah Unique Selling Proposition, terjemahan bebas adalah faktor pembeda antara bisnis anda dengan kompetitor. Biasanya untuk menentukan USP anda diminta untuk menulis 10 daftar yang membuat produk dan bisnis anda berbeda dengan kompetitor, dari 10 tersebut anda pilih 3 yang paling kuat, artinya kastemer / klien atau buyer anda hanya bisa mendapat dari anda, pun jika kompetitor meniru dari anda maka sangat sulit dan tetap ada perbedaan jika, membeli dari perusahaan anda.

Namun seringkali saya jumpai masih banyak pengusaha dan perusahaan yang bingung tentang USP yang mereka miliki terutama, jika bisnisnya bukan menghasilkan produk sendiri, namun sebagai reseller dan distributor saja.

Maka saya mencoba membagi USP ada 3 (tiga) jenis, tujuannya agar bisa lebih membantu menemukan USP untuk semua jenis bisnis.

3 Jenis USP yang saya maksud antara lain :

  1. USP pertama yang berarti Unique Selling Proposition
  2. USP kedua yang berarti Ultimate Sensational Promise
  3. USP ketiga yang berarti Ultimate Strategic Proposition

Penjelasan singkatnya , USP pertama lebih mengedepankan kepada keunikan produk dan layanan, USP yang kedua penekanannya lebih kepada cara membuat penawaran yang kuat dan bisa dipercaya. Sedangkan USP yang ketiga penekannya kepada Strategi Marketing dan Taktik yang anda buat dalam menguasai Market, atau kondisi dan posisi yang ingin anda capai.

Gol dari Marketing adalah meraih posisi Top in Mind, namun dalam penerapannya Marketing harus mampu menciptakan keuntungan secara berkesinambungan, melalui serangkaian strategi dan taktik. Sehingga saat produk atau layanan baru muncul bisa langsung diterima oleh pasar. Kalau Marketing tidak menghasilkan keuntungan berarti ada yang harus dibenahi dari hulu hingga hilir, lalu merumuskan formula yang Tepat dan Efektif.

semoga bermanfaat

Jabat Erat Sukses

Coach Anto

PINBB 32A7FB94

email antovif@yahoo.co.id