Bagaimana perusahaan menghasilkan uang banyak dengan memberikan Gratis

Lintasan ide muncul dimana-mana, bahkan saat sedang makan gado-gado ditemani lemon tea yang hangat. Saya teringat saat ada klien yang bertanya tentang strategi marketing dan sales untuk meningkatkan laba bisnisnya, dalam pembicaraan yang mengalir hampir 1,5 jam lebih saya mengatakan bahwa ada strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi bisnis. Yaitu dengan memberikan produk atau layanan Gratis yang memiliki nilai tinggi.

Saya menjelaskan sambil menikmati kopi, contoh perusahaan lokal maupun sudah mendunia bagaimana mereka menerapkan strategi bisnis ini untuk meningkatkan bisnis, contoh perusahaan yang dari awal berdiri hingga saat ini tetap konsisten memberikan layanan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang baik untuk hal pendidikan, riset, bisnis dan banyak hal penting lainnya adalah GOOGLE. Bagi seorang guru yang sedang mencari bahan ajar bisa menggunakan google, bagi pelajar dan mahasiswa yang butuh bahan pembelajaran atau skripsi juga bisa menggunakan google, bagi pemancing mania yang ingin mencari referensi tempat memancing yang ideal bisa juga menggunakan google untuk menemukan referensi tempat memancing.

Singkat kata, semua bisa di temukan di google , dengan menyediakan layanan searching atau penelusuran konten di website seluruh dunia, google tentu menghabiskan milyaran dollar untuk membayar programmer handal, maintenance server, pokoknya biaya operasional tentu tidak murah. Namun mereka mengratiskan kepada anda !. Apakah mereka rugi ? karena mengratiskan layanan tersebut? Jawabnya tentu kalau rugi pasti sudah Tutup atau out of business.

Tidak mereka tercatat membukukan laba atau keuntungan dari strategi bisnis ini, dari mana google mendapatkan uang banyak ? jika anda bertanya hal ini, maka perhatikan saat anda melakukan penelusuran konten di google akan muncul iklan di sebelah atas dan sebelah kanan , yang disebut Google Adword PPC program.

Kemudian amati jika anda menggunakan layanan Gmail yaitu layanan email gratis dari google , maka anda akan mendapati kolom tampilan iklan di dalam gmail anda. Kemudian jika saya tanya dimana anda meng upload video liburan atau dimana anda mencari informasi video tentang film, pendidikan yang gratis? Youtube ..! apakah anda dikenakan biaya menonton youtube atau upload video files ke youtube? Jawabnya Tidak ..! . anda gratis , yang anda perlukan hanya koneksi internet. Google dan Youtube adalah contoh sukses perusahaan yang memberikan produk dan layanan Gratis berkualitas dan mereka menghasilkan uang banyak dari Sponsor!.

Terus contoh penerapan untuk bisnis lokal yang sederhana apa dong coach ? jawabannya anda harus membuat list produk dan jasa yang bisa anda gratiskan namun tidak membuat anda rugi besar, misal jika anda jual nasi pecel, bisa anda gratiskan teh tawar atau air mineral galon. Jika anda bengkel , bisa anda gratiskan cek mesin gratis, cek oli gratis, cuci body gratis. Dan biasanya setelah saya bantu arahkan, pengusaha bisa memberikan lebih dari 5 item untuk produk atau jasa yang bisa di gratiskan. Artinya pasti ada yang bisa di Gratiskan untuk kastemer anda. Dan dengan menerapkan back end sales yang kuat dan efektif, maka perusahaan atau bisnis anda akan meningkat lewat strategi marketing ini.

Dan agar diingat meski Gratis harus tetap memberikan manfaat bagi kastemer atau klien anda.

Semoga memberikan inspirasi bagi anda

Jabat Erat

Coach Anto

PINBB 32A7FB94 |WA 0857.55.333610