Bank Indonesia mulai Khawatirkan Fenomena Peningkatan Kredit Macet

Membaca portal berita CNN Indonesia pada hari Jumat, 17/07/2015 yangg memuat headline BI atau bank Indonesia yang mulai khawatir akan fenomena peningkatan kredit macet, sungguh membuat saya berpikir dan menghubungkan dengan pertemuan para pengusaha saat silaturahim yang mengeluhkan penurunan bisnis. Dan adalah sektor pertambangan dan industri menjadi dua bidang industri yang mengalami peningkatan kredit macet menurut Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) mewaspadai beberapa sektor yang dinilai berpotensi memiliki tingkat kredit macet (non performing loan/NPL). Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo kewaspadaan tersebut muncul setelah bank sentral melihat adanya kenaikan data NPL per Mei 2015.
NPL perbankan tercatat sebesar 2,6 persen, naik 0,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang di level 2,5 persen.

Bagaimana anda selaku pemilik usaha apakah ikut merasakan kondisi ekonomi saat ini? jika iya bagaimana sikap anda? Panik dan Stress? semoga anda bisa tetap berpikir tenang dan jadikan ini sebagai momentum balik untuk menata cara anda menjalankan bisnis secara cerdas dan meningkatkan business skills, agar bisnis anda bisa tumbuh dan terus bertahan hingga 100 tahun lebih.

Banyak yang menjalankan bisnis lebih modal uang.
Tidak dipungkiri lagi, saya juga pernah disituasi yang sama dan juga banyak saya temui pengusaha-pengusaha yang menjalankan bisnisnya dengan ketrampilan bisnis yang sedikit, dan cenderung mengutamakan modal uang (hutang) yang besar. Sebagai contoh sederhana adalah bahwa pengusaha banyak yang tidak mengetahui minimal cara membaca laporan keuangan bisnisnya, akibatnya tidak tahu berapa kondisi cash sekarang, kondisi piutang, kondisi hutang, kondisi stok yang menumpuk dll. Padahal mengetahui laporan keuangan mingguan,bulanan dan tahunan sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi bisnis anda sedang sehat atau sedang sakit bahkan sedang menuju kondisi sakit parah, kalau tidak tahu maka tidak heran beban hutang yang semakin menumpuk dengan bunga berbunga.

Modal uang memang penting namun bukan segalanya
Pernahkah anda menyadari bahwa jika sekarang anda punya hutang 1 Milyar, itu kebanyakan diawali dengan hutang yang lebih kecil terus meningkat ratusan juta hingga mencapai angka 1 Milyar. Apakah bisnis anda makin berkembang? yang banyak terjadi setelah di injek modal hutang malah membuat anda semakin sulit dalam membayar beban hutang baru tersebut, dan jika sudah begini biasanya terjadi panik dan malah mencari hutang baru, akibatnya anda digulung hutang-hutang.

Maka penting sekali untuk memiliki pengetahuan cara menjalankan dan mengelola bisnis dengan baik, setidaknya anda harus bisa melewati ulang tahun yang ke 15 tahun, karena dari ribuan banyak pemilik bisnis yang akhirnya bisa bertahan hingga masuk tahun yang ke 15 adalah mereka yang memiliki kompetensi/skills bisnis utama yaitu cara mengelola keuangan yang baik/efektif dan didukung dengan memiliki SYSTEM agar bisnisnya bisa bekerja untuknya, bukan dibalik bahwa dirinya bekerja untuk menghidupi bisnisnya.

Rugi itu PASTI ada dalam perjalanan BISNIS anda
Tidak pernah ada pengusaha/perusahaan yang tidak mengalami kerugian, namun rugi yang seperti apa yang tidak menganggu kesehatan bisnis anda, ini yang perlu anda ketahui, bisnis adalah intelektual sport yang sangat akrab dengan data dan angka, maka jika anda ingin bisnis anda tumbuh harus akrab dengan data dan angka, dan dimulai dengan memahami basic tentang membaca arus kas, rugi/laba dan neraca keuangan anda, masih belum terlambat dari sekarang untuk membenahi bisnis anda

CoachSantoso
PINBB 32A7FB94 WA 085755333610