Banyak bisnis kuliner yang tutup

Jika anda perhatikan atau amati di kota malang di kenal juga wisata kuliner karena banyaknya kuliner, mulai dari yang emperan, gerobak, warung, hingga cafe dan resto ada semua di kota malang. Namun tahukah anda bahwa banyak usaha kuliner di malang yang tutup kurang dari 5 tahun, kurang dari 3 tahun bahkan yang tidak sampai 1 tahun juga ada, atau malah saya pernah lihat sendiri karena pernah nyoba ketika opening dan sekitar 6 bulan tutup, malah ada lagi gak sampai 3 bulan tutup padahal saat opening heboh promosi dan banner besar besar.

Kota malang memang menarik banyak pengusaha untuk mencoba peruntungan di bisnis kuliner ,maka tidak heran kalau di perhatikan dalam waktu 3 bulan akan bermunculan usaha kuliner baru, baik yang konsepnya gerobak, warung hingga kafe dan resto.

Ada lagi yang seru kemarin hari kamis saya dapat WA salah satu klien yang kebetulan lewat di salah satu jalan protokol kota malang dan menemukan ada cafe yang baru buka dan belum sampai 3 bulan sudah tutup dan tertulis under renovation.

Saya sendiri pernah ngobrol dengan pengusaha kafe dan resto yang sempat punya banyak cabang dengan brand yang berbeda dan akhirnya tutup, bahkan mengalami masalah terlilit hutang riba. 

Bisnis kuliner memang menjanjikan karena keuntunganny bisa lumayan namun, banyak juga persaingan yang ingin masuk di bisnis kuliner , ternyata konsep yang beda dan unik tidak cukup untuk membuat bisnis kuliner survive, apalagi hanya ikut ikutan dan akhirnya belum balik modal sudah tutup usahanya.