Biarkan produk anda yang menjual dirinya sendiri

Agak membingungkan membaca judul diatas ya, sengaja biar kebaca. Saya menulis artikel ini karena beberapa menit yang lalu saya ditelpon oleh seorang alumni yang berprofesi sebagai bankir juga pengusaha beliau memiliki beberapa unit usaha salah satunya adalah produk makanan atau camilan oleh-oleh khas Kepri.

Dalam percakapan via telpon beliau mengatakan bahwa produknya ditolak oleh salah satu tempat penitipan oleh-oleh khas Kepri bukan karena rasanya tidak enak tapi karena kemasannya tidak menjual, singkat cerita setelah kemasan atau packagingnya dibuat dengan konsep yang menjual maka produk tersebut laku lebih mahal.

Di dalam kelas workshop saya sering mengatakan bahwa Marketing is Everything dan Everything is Marketing. Produk bagus , enak bahkan murah bisa tidak laku jika packagingnya tidak menjual. Memang ini bukan teori mutlak tergantung dari tempat dan target konsumen serta konsep atau tema yang mau di usung.

Pernah ada juga kejadian pengusaha sekaligus alumni yang minta saran tentang meningkatkan penjualan tapi tidak perlu banting harga dan memberikan diskon, akhirnya saya berikan trigger tentang opsi yang bisa dicoba dengan packaging yang men DOBRAK ..!

Kembali ke packaging saya pernah ngobrol dengan salah satu distributor buku besar di Indonesia yang menceritakan bahwa ada buku yang dikonsep dengan beautiful, simple dan useful bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar dibandingkan dengan buku yang di konsep sederhana, bahkan buku tersebut (maaf tidak sebut merek) kata beliau keuntungannya mencapai lebih dari 20x lipat wow..! itulah fungsi daripada strategi Marketing tentang packaging.

Jadi bisa saja anda tanpa perlu teriak-teriak bilang dijual murah , dijual murah ! namun kemasan atau packaging anda yang sudah mampu mendatangkan orang untuk membeli dan segera buru-buru membuka dompet. Dan itu yang dilakukan oleh Steve Jobs dengan produk-produk Apple, anda akan tahu bagaiamana Apple dibuat dengan seni dan citra rasa tinggi bahkan sampai cara membuka kemasan atau packaging sangat beda dibandingkan dengan smartphone lainnya. Dan anda juga mungkin sudah baca informasi iPhone 6 yang baru akan dirilis beberapa bulan lagi, namun orang sudah antri memesan jauh-jauh hari wow..! That’s Dobrak banget 🙂

Jadi mau naik penjualan cobalah berpikir tentang packaging yang memiliki daya tarik kuat bagi produk anda. (Coach Anto)