Bisnis dan Hutang

Berapa hutangnya pak? Seorang bapak A bertanya kepada bapak B yang pengusaha rental mobil, dijawabnya ‘Rp 200 juta an’. Si bapak A seolah kaget, bapak hanya punya hutang Rp 200 jutaan? Kalau seperti itu bisnis bapak akan sulit berkembang, karena hutang adalah leverage atau daya ungkit untuk membuat bisnis bisa berkembang dan kalau punya hutang kita akan jadi semangat ! dalam berbisnis,

Dan lagi mana ada orang yang punya bisnis gak punya hutang? Orang kaya itu banyak hutangnya karena untuk bisnisnya , bapak B menyimak dengan seksama ‘kuliah tentang hutang dan bisnis’ dari kawannya tersebut.

Singkat cerita bapak B akhirnya mengikuti saran temannya untuk berhutang mulai dengan Rp 1 Milyar yang menjadi agunan adalah asset properti Rumah yang ditempatinya, dan memang setelah hutang tersebut cair, mulai Nampak pertumbuhan bisnis rental mobil dan cuci mobilnya makin banyak.

Lama saya tidak bertemu dengan kawan saya bapak B tersebut hampir 3 tahun lebih, sampai akhirnya dapat telpon bahwa sekarang usaha Rental Mobil termasuk Car Wash & Salon Mobilnya sudah tutup dan hutangnya kini menjadi Rp 3 Milyar !.

Apa penyebabnya? mungkin bisa saja tertipu, management yang kurang baik tidak mampu bersaing dengan kompetitor dan lain – lain  sebabnya. Namun karena saya juga pernah bangkrut , lalu bertemu dengan banyak pengusaha Muslim yang sukses, bahkan saya juga banyak bertemu Bisnis Coach Muslim, salah satunya adalah Bpk. H.Ir Heppy Trenggono (pernah bangkrut dan punya hutang 62 Milyar). Melalui beliau saya dapat pemahaman yang cukup membuat saya syok bahwa penyebab utama bangkrut adalah menggunakan Riba!. Awal – awal saya gak paham tentang riba sehingga dijelaskan, ancaman riba. (*silahkan googling tentang riba).

Namun seperti para pengusaha lainnya saya selalu berdalih tidak mungkin bisnis tanpa riba , pak. Mau dapat Modal dari mana? Dan banyak alasan lain. Singkat cerita setelah bertemu dengan beliau dan banyak guru pengusaha yang pernah bangkrut. Akhirnya saya sekarang paham bahwa bisnis tanpa Hutang (Riba) itu sangat mungkin. Alhamdulillah saya merasakan hal itu.

Dari sisi ilmu bisnis tentang Riba.

Saya tidak akan mengulas tentang Riba dari sisi syar’I karena bukan bidang saya , anda bisa mencari lewat internet atau langsung ke toko buku atau kunjungi langsung ustadz yang paham al qur’an dan hadist yang shahih. Saya akan lebih kepada sisi ilmu bisnis dan berdasarkan pengalaman saya sendiri maupun saat sekarang saya memberikan mentoring dan coaching untuk strategi bebas riba (bad debt).

Bisnis itu belum tentu untung, tapi kalau sudah pakai pinjaman riba, ya tidak perduli pokoknya harus dibayar pokoknya dan juga bunganya. Itu sudah jadi masalah tersendiri. Belum lagi pengalaman pribadi bayar hutang dengan uang hasil hutangan itu akan berakibat fatal.

Berapapun modal yang dikasih tanpa ilmu bisnis maka akan habis dan bahkan menyisakan hutang. Coba anda renungkan hal itu, saya juga pernah meminjamkan uang ke kerabat untuk bisnis dan saya tahu dia belum punya pengalaman tapi demi menolong maka saya iyakan. Alhasil bukannya uang kembali seperti yang dijanjikan malah harus di ikhlaskan karena tidak tertagih. Itulah maksud bahwa bagi yang tidak punya pengalaman dan skills bisnis berapapun akan habis!.

Cara keluar dari Riba dan bad debt

Anda harus memiliki keyakinan dan komitmen yang kuat bahwa tidak ada orang kaya dengan riba bagi seorang muslim wajib percaya karena hal ini sudah dicantumkan di Al Qur’an dan juga hadist – hadist shahih. Dan jika Allah swt sudah melarang tentu juga memberikan alternative jalan keluar. Bahkan tokoh pengagas Bisnis modal hutang akhirnya bertaubat dan mengatakan secara jujur (*silahkan googling)

Kartu kredit & KTA

Memiliki bunga yang lebih besar sebab tanpa Agunan toh, jika anda ingin melunasi gunakan prinsip yang saya dapatkan  dan sudah terapkan

  1. Bayar yang cicilannya paling kecil
  2. Bayar yang paling pendek jangka waktunya
  3. Bayar yang bunganya paling besar
  4. Bayar yang orangnya bikin gak enak
  5. Ulangi sampai tuntas

Bayar hutang memang capek, tapi kalau sudah lunas, insya Allah uangnya buat anda semua

Hidup semurah mungkin dan menunda kesenangan

Pernahkah anda tahu bahwa orang-orang terkaya adalah orang-orang yang ternyata hidupnya hemat dan menunda kesenangan, anda bisa cek di www.Forbes.Com situs yang memberikan peringkat rangking orang terkaya di dunia, bahwa carlos slim helu orang nomer 1 terkaya itu sangat humble (sederhana) silahkan anda baca sendiri kisah dan keseharian.

Menjadi Kaya benar  VS  Terlihat Kaya atau Sok Kaya itu beda.

Saya masih ingat betul ucapan guru saya, memang seringkali orang ingin dilihat atau dianggap kaya padahal tidak punya uang cash & asset.

Belajar ilmu Marketing & selling

Coba anda pelajari kisah pengusaha-pengusaha sukses baik yang di Indonesia maupun diluar negeri, mereka adalah orang yang ahli dalam Marketing & Selling untuk Produk mereka. Apapun bisnisnya.

Prinsip pengusaha yang ingin Sukses adalah besar pemasukan dari pengeluaran, tidak buru-buru (emotional) dalam menjalan bisnis, sabar dan terus belajar . serta kerja keras dan kerja cerdas.

Ilmu mengatur keuangan adalah Mutlak agar anda tidak terjebak punya omset ada profit tapi gak ada uang cash, itu parah. sebab bisnis tutup sebabnya gak punya uang cash.