Bisnis itu berdarah – darah bang

Bisnis itu berdarah-darah bang

Anda mau memulai bisnis? Termotivasi buka bisnis modal nekad setelah baca buku atau dengan seminar? Sebaiknya anda baca ini, saya tulis dari pengalaman pribadi dan juga alumni-alumni yang pernah saya tangani.

  1. Kalau anda berpikir bisnis itu mudah, sebaiknya anda cari tahu, berapa banyak perusahaan atau pengusaha yang gulung tikar alias bangkrut.
  2. Kalau anda berpikir bisnis itu cukup dengan modal nekad, anda harus tahu bahwa nekad disini nekad yang seperti apa? Ibarat main sepak bola, apa cukup modal nekad tanpa skills,stamina dan pengetahuan akan bisa mengalahkan lawan?
  3. Modal uang orang lain, ini lagi hati-hati. Gara – gara uang yang tidak seberapa hubungan baik anda dengan  sahabat, teman dan keluarga bisa rusak. Bisnis itu proses, kalau buka bisnis semua orang bisa, kalau cari hutangan itu gampang . pertanyaan berikutnya apa bisa mengembalikan? Bagaimana kalau meleset?
  4. Jaminkan aja apa yang bisa dijaminkan. Sudah banyak banget yang akhirnya terbelit bahkan barang yang dijaminkan dan digadaikan tidak kembali.
  5. Pakai bunga (riba) ini , saya no komen, anda bisa cari google. Tentang ancaman pasti kebangkrutan orang yang menggunakan Riba. Kalau saya sudah pernah dan pasti yang sudah mengalami baru percaya, ancaman Allah SWT di Al Qur’an tentang pelaku riba

Kok jadi bikin pesimis si coach, mungkin anda pikir begitu. Saya tidak membuat anda pesimis, justru mempersiapkan secara fakta, bahwa bisnis itu seperti olah raga, mau jadi striker bola handal, petinju professional, pelari cepat terbaik. Anda butuh PROSES,SKILLS,KOMPETENSI dan tentu MODAL. Kalau modal uang bisa seadanya. Apakah anda pikir Ronaldo dan Messi jago karena berlatih 1 minggu atau 1 bulan?

Jika anda berharap menjadi Kaya dalam waktu cepat, dari bisnis sebaiknya anda tata ulang pemikiran itu dan baca buku para pengusaha yang sukses membangun dari NOL dan berdarah-darah.