Bohong bisnis itu bisa bikin kaya

Bohong bisnis itu bisa bikin kaya ….dalam 1 malam.

Bohong bang, kalau bilang bisnis itu mudah.!

Ucapan itu dilontarkan oleh salah satu peserta workshop Dobrak Profit & Cash yang memiliki usaha di bidang property, saat saya menjelaskan pentingnya memiliki system dalam bisnis  yang fungsinya sangat vita untuk bisa memonitor setiap proses & aktivitas bisnis dengan detil & akurat agar bisa mengantisipasi setiap potensi masalah dan meminimalisir resiko.

Saya juga termasuk yang tidak setuju jika ada yang mengatakan bahwa bisnis itu mudah, kalau mudah kenapa banyak yang tutup & bangkrut!. Tidak cukup hanya motivasi saja dalam menjalankan bisnis apalagi belum punya pengalaman sudah nekad berhutang (riba). 90% peserta workshop yang pernah sharing dengan saya memiliki problem yang sama atau dibilang mirip yaitu setelah punya bisnis malah tertekan,stress dikejar-kejar berbagai tanggungan hutang, bahkan makin tahun bukan makin habis hutangnya makin nambah. Bahkan ada alumni yang hutangnya mencapai lebih dari Rp 5 Milyar dari awalnya hanya berhutang Rp 15 juta..!

Anda pernah dengar , Kalau tidak punya hutang tidak semangat ! ? ada juga yang mengatakan hal itu kepada para murid-murid bisnisnya, sangat berani sekali. Saya yang pernah terlilit hutang tentu tidak percaya jika ada orang yang ngomong begitu ada 2 kemungkinan, yaitu dia tidak benar-benar tahu apa yang dibicarakan dan dia memang tidak punya bisnis.

Bagi seorang muslim hutang itu bukan urusan yang dianjurkan orang boleh berhutang itu ada syarat-syaratnya nya seperti karena terpaksa, tidak ada unsur riba, bukan jadi kebiasaan.

Saya telah mendengar banyak cerita pilu para pengusaha yang sampai sakit, bercerai bahkan meninggal karena saking stressnya .

Memulai dengan apa adanya.

Jika anda ingin memulai berbisnis atau membuka usaha yang paling penting adalah kemampuan melihat celah atau peluang tentang produk atau jasa yang bisa anda jual kepada konsumen, dari sinilah semua berawal yaitu IDE, VISI & Tindakan konsisten untuk memujudkan ! dari  sini saja sudah cukup bagi anda untuk memulai usaha anda.

Modal uang bukan segalanya.

Pernahkah anda berpikir bahwa untuk memulai usaha perlu modal uang? Jika jawaban anda adalah pernah ! itu tidak salah! , karena memang usaha itu perlu modal uang. Bohong kalau tidak perlu modal uang sama sekali. Namun jumlahnya juga relatif bisa mulai Rp 100 ribu atau bisa juga diatas Rp 1 juta. Akan tetapi modal uang itu hanya sebagai sarana pendamping bukan yang utama, sebab jika anda bilang bahwa anda perlu modal uang besar untuk memulai usaha, maka hal tersebut akan menghancurkan anda, jangankan dikasih modal Rp 10 juta andai dikasih Rp 100 juta pun bagi anda yang tidak memilki skills & kompetensi  bisnis , bukannya akan balik modal malah minus bahkan bisa mendatangkan lebih banyak hutang!.

Awali dengan hal yang paling anda kuasai

anda bisa cari buku-buku yang menceritakan kisah sukses pengusaha-pengusaha yang sukses baik yang dari dalam negeri dan dari luar negeri, maka akan kaget karena mereka memulai dengan modal uang yang sangat minim. Namun visi mereka , passion atau antusias mereka serta kecintaan terhadap apa yang mereka kerjakan membuat mereka tetap bangun saat jatuh tetap tegar saat situasi sulit terus bergerak, belajar memperbaiki setiap kesalahan .

Jika anda hobi melukis, desain, origami, games dan lain lain mulailah dengan hal tersebut.

Bill gates, steve jobs dan para konglomerat Indonesia juga tidak tiba-tiba langsung menjadi kaya dalam 1 tahun! Mereka melewati proses !

Jangan sok kelihatan kaya !

Anda yang baru mulai usaha ingat selalu prinsip jadul bahwa pemasukan harus lebih besar dari pengeluaran, hiduplah semurah mungkin. Menjadi kaya dan pura-pura ingin dilihat kaya itu sangat beda!, misal anda ingin membaca kisah perjuangan pengusaha kaya anda bisa memulai di perpustakaan atau menggunakan google. Mencari barang biasakan ke pasar atau ketempat grosir itu juga langkah hemat.

Bohong bisnis itu bisa bikin kaya dalam 1 malam !

Salam Dobrak

Coach Anto

Jadwal Workshop Regular & Private

antovif@yahoo.co.id

SMS 085755333610

PINBB 32A7FB94