Buka usaha tiket pesawat & tour travel di pinggir jalan

Buka usaha tiket pesawat & tour travel di pinggir jalan utama dan strategis, masih bisa tutup.

Sudah 2 kali saya lewat jalan basuki rahmat di kota malang, yang di sepanjang jalan merupakan kawasan strategis untuk bisnis, tujuan utama saya setelah lama liburan tidak ke malang adalah ingin ngobrol dengan seorang kenalan yang katanya buka usaha menjual tiket pesawat, tour & travel di kawasan basuki rahmat.

Beliau menyewa ruko dan join dengan teman untuk memberi salah satu franchise tiketing yang katanya cukup sukses di kota surabaya. Maka saya berniat ingin mengunjungi sebab sudah lama sekali tidak ada kabar beritanya, handphone dan blackberrynya sudah tidak aktif.

Setelah ketemu tempatnya saya menanyakan ke staffnya keberadaan beliau tapi di jawab sudah sangat jarang datang dan telpon, kemudian mata saya melihat sekilas bahwa nuansa sepi dan debu di meja menjadi tanda tanya saya, sebab bisnis bidang tiketing,tour & travel dalam hal kerapihan dan kebersihan harus jadi prioritas.

selang 2 bulan saya datang lagi lagi saya lihat usaha tiketing,tour travel di jalan basuki rahmat tersebut sudah tutup, saya pernah datangi 2 x dan di hari-hari yang seharusnya buka. Dan saat saya email beliau juga tidak ada jawabannya, sedang hp, bbm juga sudah off, saya jadi bertanya-tanya apa penyebab tutupnya bisnis beliau.

Dulu sempat ngobrol dengan saya untuk membantu strategi marketing dan melatih tim salesnya, namun sudah lama tidak ada kabar. Seperti saya tulis di buku saya, bahwa penyebab bisnis tutup itu karena tidak memiliki uang cash. Dalam bisnis mendapatkan uang cash itu mutlak dan bicara bisnis adalah tentang strategi sedangkan strategi sendiri ada dua , strategi marathon dan strategi sprint.

Sebaiknya anda memilih strategi untuk jangka panjang, karena bisnis itu memang mirip marathon, semua kegiatan harus di dasarkan oleh angka, menguasai bahasa bisnis dan mengetahui angka2 sangat penting.

Dan usahakan untuk selalu tidak fokus dengan hutang, kenapa ? karena bisnis tidak harus punya hutang dan hutang itu bisa bikin kebiasaan (habit) yang akan membuat anda masuk ke lubang “jeratan hutang”.