Cara memotivasi sales tim

Bagaimana cara memotivasi sales tim

Ini sering ditanyakan oleh banyak pengusaha atau leader leader sales, berikut catatan saya saat memberikan konseling jarak jauh via grup whatsapp

ILMU SALESPRESEUR

Tidak ada pengusaha sukses atau orang orang sukses yang tidak memiliki JIWA SALESPRENEUR. Sesungguhnya seorang Sales adalah orang yang Layak menjadi seorang Leader. Karena ketika menjadi Sales hal pertama yang harus dimiliki adalah Bekerja dengan tujuan ( Target) dan Punya Komitmen untuk mencapainya.

Seorang Sales adalah juga orang yang bisa memberikan SOLUSI maka CEO TOP baik yang ada di Indonesia dan Dunia , pasti orang yang memiliki Jiwa Sales , karena bisa memberikan Solusi dari masalah. 

Ketika seorang karyawan bisa memberikan Solusi maka sebenarnya itu adalah Ilmu Sales yang sedang di praktekkan. Maka orang yang selalu bisa menjadi problem solver di perusahaan adalah orang orang yang saya sebut SalesPreneur.

Dan Bonusnya mereka akan di percaya dengan terus naik jabatan hingga di posisi tertinggi..
jadi salah kaprah kalau sales itu hanya jualan produk seperti panci, alat kesehatan, sosis, apalagi sales jamu keliling . 

Ilmu Sales itu ilmu tentang Leadership dan Management Strategic. 
Karena belajar selalu antusias , tidak pernah menyerah, melihat setiap masalah adalah peluang, menjadikan setiap KEGAGALAN adalah PEMBELAJARAN , SELALU AMANAH, dan punya 1001 cara mengatasi problema serta mengubah menjadi PELUANG. 
Bahkan PELUANG bisa saya artikan = PENUH UANG  .

SalesPreneur tak ubahnya profesi Dokter yang bisa mendiagnosa masalah-masalah yang dihadapi klien atau pelanggan.
Kenal Chairul Tanjung dan sudah baca bukunya? maka tertulis sebelum menjadi pengusaha yang masuk peringkat ke 5 Orang TERKAYA di INDONESIA versi masalah FORBES , beliau mengawali dengan membuka usaha photocopy , dan itu artinya JUALAN dan jualan itu SALES.
Yang membedakan Sales biasa dan SALESPRENEUR adalah Mindset untuk tumbuh berkembang menjadi lebih baik, lebih banyak manfaat . 

Dalam statistik yang ditemukan bahwasanya sekitar 2 persen penjualan terjadi di pertemuan pertama, ini kasus istimewa misal ada calon konsumen datang , terus ngobrol dan langsung bayar lunas . Kalau di properti pernah juga sepeti itu, orang datang ke pameran atau kantor , ngobrol cocok dan langsung bayar DP lunas , ini rejeki durian runtuh hehehe. coba setiap hari bisa seperti ini ya coach. hehehehe , sekitar 98 % penjualan terjadi setelah TERBANGUN TRUST atau kepercayaan , dengan urutan  sebagai berikut : 3% closing terjadi di pertemuan atau follow kedua. 5% closing terjadi pada pertemuan atau folow ketiga 10 % setelah pertemuan atau follow up keempat  dan sisanya 80% pada pertemuan atau follow kelima .

Dari banyak study case yang saya baca maupun lakukan sendiri, bisa dibuat bahan perenungan bahwa closing terjadi 80 persen lebih itu bukan karena produk tapi karena antara pelanggan dan sales sudah terbangun KEPERCAYAAN.

CARA MEMOTIVASI SALES TIM

  1. Anda berikan pemahaman dan contoh contoh berdasarkan data bukti bahwa banyak orang sukses dimulai dari ketrampilan menjual atau menjadi sales
  2. Temukan dan cari tahu hal hal ap yang membuat seorang sales termotivasi bekerja dengan militan, bisa keluarga, cita cita, kemiskinan, dan lain lain
  3. Tunjukkan anda siap membimbing dan membuat mereka sukses.

Demikian sharing tentang cara memotivasi sales tim