Cara meningkatkan omset dan profit semau anda

Bagaimana cara meningkatkan omset dan profit berapapun yang anda mau.

Itu yang dipasang di DP pak Anto bisnisnya apa? Tanya beberapa orang kontak di pinBB saya (pinbb khusus melayani sesi konseling). Oh itu alumni alumni ada yang bisnis jas hujan, herbal dan busana muslim, jawab saya.

Pertanyaan bagaimana cara meningkatkan omset dan profit bisnis untuk UKM (omset di bawah 50 Milyar) selalu menjadi topik pembahasan yang menarik, bahkan 80% kira-kira yang ikut workshop Dobrak Penjualan adalah ingin tahu cara meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan bisnis. Sisanya , tentang branding, hutang dan lain-lainnya.

Bagi anda yang membaca artikel ini tentu juga tertarik dan berminat ingin tahu cara meningkatkan omset, profit dan cash ( uang cash), akan saya sharing berdasarkan praktek dan pengalaman membantu banyak pengusaha dari beragam bisnis.

Metodenya sederhana

Metodenya sederhana, saya sendiri sudah praktekkan dan juga mengikuti beragam workshop yang membahas tentang tema Marketing & selling, memiliki kesamaan antara satu metode dengan metode lainnya.

1.Mendatangkan prospek atau dikenal istilah leads

Anda harus berpikir menemukan cara bagaimana mendatangkan orang atau prospek yang sesuai dengan target bisnis anda, dan saya sarankan sebaikan anda tuliskan di kertas dan whiteboard perencanaan jangan pernah melakukan hal pertama ini tanpa tertulis, karena akan berakibat fatal jika anda menggunakan media berbayar atau mengeluarkan cost.

Analogi saya coba sederhanakan, semisal anda bisnis bengkel motor, tentu anda akan berpikir bagaimana agar orang tahu bahwa, di daerah xxx ada bengkel motor kan?. Biasanya orang terpikir menggunakan media , brosur, spanduk, baliho, Koran, radio, tv lokal itu biasanya jawaban umum yang sering dilontarkan, coba ditambahi sekarang menggunakan SMS (Premium), stiker, tissue,balon, permen, fax, kos, helm, becak, air mineral, SPG, mobile adv, media internet (twitter,FB,Blog,Forum,Iklan baris, dll.  (*** di workshop ada lebih 400 taktik Marketing )

Tujuannya adalah anda menginformasikan sekaligus mengundang dan mengajak orang-orang tersebut untuk datang.

2.Membuat mereka order atau belanja.

Setelah calon pelanggan (prospek) datang ke tempat usaha anda, langkah berikutnya adalah bagaimana sekian persen misal 30-40 % akhirnya membeli (target konversi berbeda setiap bisnis), karena bisa saja orang yang datang ke bengkel (usaha) anda, karena ingin tahu bengkel baru, mencari informasi saja atau bahkan kompetitor yang ingin tahu bengkel baru anda. Maka disini anda harus menentukan taktik promosi agar bengkel baru anda langsung bisa menghasilkan penjualan atau dapat order dari pelanggan anda setiap kali ada pelanggan baru datang, istilahnya menciptakan konversi rata-rata.

Contoh dengan menyiapkan rangkaian program promo, info layanan terbaru, membagi check list, help desk support , dan lain-lain. Bagi mereka pelanggan baru yang datang pada hari itu. Intinya anda memikirkan cara bagaimana orang yang masuk ke toko/bengkel/usaha anda, sekian persen orang akhirnya menjadi pelanggan atau gampangnya anda dapat duit lah, gak hanya orang datang rame-rame tapi gak beli apa-apa.

3. Meningkatkan transaksi pembelian

Setelah prospek datang dan membeli , langkah berikutnya adalah tantangan bagaimana meningkatkan transaksi pembelian, misal yang awalnya hanya ganti ban bisa menambah beli oli, dan yang awalnya hanya beli oli baru terus menjadi beli yang lain, saya sarankan anda membuatkan check list produk yang memiliki keterkaitan antara produk A dengan B, C,D dan jasa/layanan AB,CD,EF. Dengan menggunakan check list anda bisa leluasa menuliskan ide , dan ini sudah sangat terbukti. Dan banyak sekali taktik atau promosi yang bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya.

4.Jangan segan atau sungkan untuk meminta belanja lebih banyak lagi

Ini bagian yang seru, karena bagi sebagian orang meminta orang untuk membeli dan membeli lagi itu hal yang tidak etis, nah lho. Padahal ini bisa menjadi strategi yang cukup efektif meningkatkan omset sekaligus Profit.  Hal yang paling mudah adalah anda pergi ke Mc D, saat anda beli kopi saja maka akan di tawari kentang, setelah beli kentang terus ditawari sup nya. Sampai kasih menekan enter dan menyerahkan struk dan pesanan anda. Coba anda bayangkan, jika 5 – 10% saja dari sekian pelanggan yang ditawari akhirnya menambahkan pembeliannya itu akan membawa dampak yang signifikan di penjualan anda, untuk hal ini perlu karyawan atau staff yang sudah terlatih dalam melakukan tugas ini. Dan pesan saya gunakan check list untuk mempermudah.

5.Naikkan harganya

Yang benar coach , tanya salah satu peserta saat dijelaskan strategi meningkatkan keuntungan margin, biasanya, orang alergi dan membandingkan atau mencari harga murah kok malah dinaikkan marginnya. Aha ..disinilah pentingnya ilmu Marketing & selling DOBRAK (*promosi hehe). Misalkan anda sebelumnya menjual Rp 25.000, – kemudian anda naikkan menjadi Rp 25,500,- naik Rp 500,- (lima ratus rupiah) apakah kastemer mau? Jawabnya sangat mau bahkan bisa lebih dari itu juga tetap mau, kalau tahu ilmunya 🙂

Anda juga bisa melakukan analisa, menghitung aktifitas operasional yang bisa dikurangi atau penghematan, misal jika dengan kipas angin dan blower secara kalkulasi listrik lebih hemat ,namun kastemer tetap masih nyaman. Ya gunakan itu daripada AC. Silahkan anda temukan sendiri.

6.Bila anda Puas silahkan beritahu kerabat/teman anda, bila tidak puas hubungi kami.

Itu memang slogan yang terpasang biasanya di rumah makan padang, tapi kenapa tidak anda lakukan toh untuk melakukan hal itu tidak mengeluarkan biaya besar, cukup papan nama atau steroform yang dikreasi cantik menarik.

Fokus kepada sebab bukan akibat atau hasil.

Anda mungkin sudah mulai paham membaca artikel diatas tentang cara meningkatkan omset dan profit, kalau anda fokus menganalisa proses yang mengakibatkan penjualan, menambah pembelian dan mereferensikan maka secara otomatis , omset dan profit bisa meningkat berapapun yang anda mau.

Ingat marketing memang penting dan bisnis adalah tentang menciptakan value atau nilai keuntungan bagi konsumen. Masih banyak strategi Marketing dan selling yang akan saya bagikan di blog sederhana ini. Demikian sharing cara meningkatkan omset penjualan sekaligus profit berapapun anda mau. Oh iya Jika blog ini merasa memberi manfaat silahkan beritahu orang sekampung, jika ada yang bingung silahkan hubungi saya di WA 0857.55.333.610  (khusus konseling) tentang cara cara membuat bisnis tumbuh dengan sehat dan kuat serta keluar dari lilitan hutang / riba.