cara meningkatkan omset penjualan toko

Cara meningkatkan omset penjualan toko

7 Senjata Marketing yang wajib dimiliki untuk meningkatkan omset penjualan toko atau bisnis apapun yang anda miliki.

Di era digital ini banyak sekali orang menjadi pengusaha baru dengan memanfaatkan internet sebagai marketing dan sales. Namun bukan berarti internet adalah satu-satunya media untuk meningkatkan omset penjualan toko atau bisnis anda. Internet hanyalah media atau wadah, tergantung bagaimana anda menggunakan dengan tepat atau tidak. Kalau sudah menggunakan internet namun bisnis anda tidak berkembang, penjualan anda tidak meningkat yang tidak efektif disini bukan media internet tapi cara anda menggunakan internet.

Berikut 7 senjata marketing yang wajib anda miliki. Dan ini bisa diterapkan untuk semua jenis usaha.

  1. Personal kontak – semisal memiliki sales tim, telemarketing
  2. Direct mail
  3. Internet – blog,market place, sosmed, ppc , ppv dll
  4. Company profile
  5. Advertising
  6. Public relation
  7. Edukasi – pameran, seminar, talkshow dll

Ketujuh senjata marketing tersebut bisa di sesuaikan dengan kondisi perusahaan, idealnya punya budget yang mencukupi akan memberikan dampak yang maksimal, jika dilakukan dengan tepat.

Namun tidak usah berkecil hati bagi yang bisnisnya yang belum memiliki budget besar. Anda bisa merumuskan strategi dan taktik melalui konsep mengamati kompetitor dan menemukan cara yang lebih hemat.

Misal anda bisa menggunakan barter produk atau jasa dengan radio lokal dan televisi lokal, dan kuncinya mereka harus win atau diuntungkan dulu baru anda. Idealnya win-win namun tidak ada salahnya anda memberikan win lebih dulu.

Hal ini juga berkaitan dengan salah satu strategi marketing itu yaitu metode loss leader, artinya untuk mendapatkan kastemer baru anda perlu rugi tapi tetap diperhitungkan, kemudian kerugian tersebut bisa ditutupi dengan back end sales yang sangat powerful.

Semisal perusahaan otomotif yang menjual mobil dengan harga terjangkau lalu, mereka akan menawarkan AC, Sound System, Alarm Proctection, GPS, asuransi dan lain-lain.

Coba anda tuliskan ke 7 senjata marketing tersebut.

Semisal Telemarketing dan Sales Tim sampai sekarang tetap efektif jika dilakukan dengan Tepat untuk semua jenis bisnis. Gunakan kreativitas anda !

Semoga bermanfaat

Jabat erat

Coach Anto ‘Dobrak’ Marketing Strategist

PINBB 32A7FB94

WA 085755333610