cara meningkatkan omset salon lanjutan

Mengetahui produktivitas dan memiliki strategi marketing adalah hal yang penting untuk membuat bisnis bekerja menghasilkan uang bagi anda. Kebanyakan pemilik salon kecantikan malah bekerja untuk salonnya.
Coba analisa tentang produk yang anda tawarkan,konsisten,personal service,suasana salon.
Kemudian perhatikan Sign Board atau papan nama bisnis anda, pemilihan warna, huruf akan merefleksikan ‘mood’ orang yang melihat.
Buat catatatan untuk mengetahui kastemer (klien) terbaik anda, jenis kelamin, umur yang dominan, pekerjaan dll. Adalah bagian yang perlu anda ketahui untuk menemukan Niche dan Positioning bisnis anda.

Penting sekali untuk mengetahui rata-rata kastemer (klien) yang datang ke salon anda dan jenis layanan yang di ambil. Bulan-bulan apa saja, salon anda ramai pelanggan dan bulan apa terjadi penurunan pelanggan, lalu temukan faktor yang menjadi sebab, misal bulan dimana musim menjelang wisuda, kebanyakan salon kecantikan akan banyak didatangi mahasiswi dan keluarganya, untuk mempersiapkan acara wisuda kelulusan putri mereka.

Penting untuk membuat program promosi yang menguntungkan untuk bulan-bulan di mana terjadi penurunan pelanggan.

Apakah anda sudah mengetahui posisi BEP atau titik impas,Fixed cost dan Profit harian yang harus anda dapatkan agar bisnis salon anda menghasilkan keuntungan.

Tantangan salon kecantikan adalah banyak  kompetisi yang akan bersaing di harga, akan menjadi sulit jika anda tidak bisa bersaing harga, dikarenakan mungkin anda menggunakan produk yang lebih premium, dan salon anda memiliki biaya operasional yang lebih tinggi.

Temukan Unique Selling Proposition yang membuat anda berbeda dengan salon yang lainnya, dan membuat kastemer anda lebih memilih salon anda dibanding salon yang lain.

Coba survey ke salon yang lainnya bisa di sekitar lokasi anda atau bahkan di kota lain, yang memiliki reputasi dan menjadi rujukan pelanggan untuk datang, pelajari apa apa yang menarik anda, misalnya penataan tempat , mulai dari resepsionis, tempat tunggu kastemer, tempat cuci, pangkas rambut, beauty room dan lain-lain.

Rasakan atmosfer yang menurut anda nyaman, karena 8-10 wanita memilih salon kecantikan yang memiliki suasana atau atmosfer yang nyaman dan bisa membuat mereka rileks.
Banyak orang datang ke salon sebenarnya untuk tujuan rileksasi sambil mempercantik diri.

Hitung berapa kali dalam 1 tahun rata-rata pelanggan anda kembali ke salon anda, dan berapa rata-rata uang yang mereka keluarkan untuk produk dan layanan apa? Temukan cara untuk membuat sistem reminder (pengingat) kapan waktunya pelanggan anda kembali ke salon untuk facial,creambath,nailing dan lain-lain.

Tahukah anda bahwa banyak pelanggan yang tidak lagi datang ke salon kecantikan bukan karena layanan tidak bagus, tapi karena anda tidak mengingatkan mereka, sehingga saat mereka perlu, dan melihat penawaran dari salon lain, maka mereka memutuskan pergi ke salon lain bukan ke tempat anda.

Lakukan re-opening dengan konsep yang lebih kuat sesuai dengan USP anda, undang kastemer (klien) anda tawarkan sesuatu yang gratis, atau sekadar makan siang sambil anda menjelaskan tujuan re-opening salon anda.

Semoga memberikan inspirasi bagi anda dan bisa meningkatkan omset salon.

Coach Anto

PINBB 32A7FB94|WA 085755333610