Cara meningkatkan omset salon

Anda memiliki usaha salon kecantikan yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun lebih dan mengalami stagnan bahkan cenderung menurun dari segi omset dan profit? Mungkin sharing kali ini tentang cara meningkatkan omset bisnis dan salon bisa menjadi bahan referensi dan wacana untuk anda gali.
Sebut saja bu Marni yang memiliki usaha salon di bilangan kota yang sudah berjalan cukup lama dan masuk ke tahun ke 6 , yang sedang mengalami penurunan omset bisnis, bukan saja hal ini di sebabkan banyaknya salon-salon baru yang berdiri dengan lokasi di Mall, sedangkan bu Marni hanya di pingiran jalan dengan bangunan yang sederhana dan tidak besar.

Disamping masalah munculnya kompetitor-kompetitor baru dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap dan modern, permasalahan lain juga muncul. Karyawan – karyawan bu Marni yang sudah lama bekerja, akhirnya pada pamit keluar, ada yang buka usaha salon di rumah sendiri dan beberapa pindah kerja ke salon-salon baru yang pada bermunculan.

Alasan klasik atau umum bahwa salon bu Marni sekarang sepi dan komisi dari target juga tidak pernah tercapai, sebab pelanggan yang datang ke salon bu Marni sangat jauh berkurang bahkan bisa di hitung rata-rata per minggu hanya 8 orang bahkan pernah kurang dari 5 pelanggan dalam 1 minggu.
Jika anda pemilik usaha salon seperti bu marni apa yang akan anda lakukan? Melakukan strategi marketing, promosi dan taktik apa yang sekiranya bisa mengubah kondisi menjadi lebih ramai?.

Sebab bu Marni mengatakan sudah mencoba berbagai cara promosi dan bahkan membuat diskon yang menurutnya dilakukan agar ada pelanggan yang datang, namun yang terjadi pelanggan sekarang seleranya lebih suka salon yang baru karena ada beberapa fasilitas yang tidak di miliki salon bu marni, sedangkan kalau harus merenovasi untuk mengimbangin dengan kompetitor, bu marni mengatakan tidak memiliki uang untuk hal tersebut.
Jadi seru kan ? 🙂
(bersambung)