Cara meningkatkan penjualan batik tulis

Tulisan ini adalah sharing saya tentang cara meningkatkan penjualan batik tulis, yang saya rangkum berdasarkan sharing menangani klien yang memiliki usaha batik tulis. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi anda pelaku usaha kerajinan batik tulis.

Indonesia ini kaya akan budaya,salah satunya dengan kerajinan batik tulis yang tersebar di seluruh daerah dengan memiliki ciri khas motif atau parang batik yang berbeda-beda.

Bagi pengrajin batik tulis hal yang paling dirasakan sebagai kendala adalah bagaimana produk kerajinan batik tulis bisa di serap oleh konsumen, karena harga kain batik tulis dengan kain batik cap tentu berbeda. Hal ini disebabkan batik tulis tangan di buat dengan cara traditional dan bisa menghabiskan waktu 3 bulan untuk pengerjaan.

Penting bagi anda pelaku usaha kerajinan batik tulis untuk membuat analisa dan marketing plan meski sederhana, untuk menemukan apa yang menjadi kendala dalam strategi pemasaran atau marketing dan sales.

Saya pernah memberikan saran kepada pengusaha batik tulis yang memiliki showroom di mall agar membuat inovasi produk mencakup display dan juga strategi mendatang leads dengan metode Mobile Phone Advertising.

Hasilnya memang ada respon dan juga penjualan, hal ini karena setiap orang yang memiliki handphone apabila mendapatkan notifikasi dan sms akan cenderung membuka SMS, apalagi jika berasal dari sumber yang bisa dipercaya.

Tentu anda harus merencanakan dengan cermat tentang tema dan konten dari strategi pemasaran menggunakan Mobile Phone ini termasuk menghitung ROI serta alur untuk mengarahkan kepada penjualan.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan pihak yang ditunjuk operator untuk layanan masking dan juga LBA (location based advertising). Dan cara ini jika dilakukan dengan cermat hasilnya juga efektif.

Salam sukses

Coach Anto PINBB 32A7FB94 , email antovif@yahoo.co.id