Cara meningkatkan penjualan toko mebel

Cara meningkatkan penjualan toko mebel. Ketika saya dimintai untuk membantu pembenahan bisnis atau usaha di bidang mebel dan furniture di salah satu kota besar di jawa timur, hal yang menjadi masalah utama yang di sampaikan oleh saya adalah penjualan mebel dan furniture yang semakin menurun drastis. Dan beliau ini sudah kenal saya sejak tahun 2011 ketika saya masih membuka layanan jasa branding dan promotion untuk membantu pemilik bisnis skala UKM dalam meningkatkan brand dan sekaligus penjualan. Dalam obrolan tersebut saya membuat catatan penting terkait penyebab kenapa usaha mebel dan furniture yang sudah ada sejak 2010 mengalami penurunan dalam hal omset penjualan , adalah muncul pesaing atau kompetitor yang membuka usaha yang menjual furniture, springbed dan di kombinasi dengan kebutuhan rumah tangga dan elektronik yang letaknya tidak jauh dari lokasi salah satu toko cabang milik klien saya tersebut.

Dan strategi yang digunakan oleh kompetitor baru adalah dengan menjual produk yang sama persis dengan harga jual lebih murah selisih hingga Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) dan dampaknya langsung terasa dengan mulai penurunan penjualan, sejak bukanya kompetitor yang menjual dengan harga lebih murah maka terjadi perpindah konsumen yang biasa membeli di toko mebel dan furniture klien saya, kemudian menjadi membeli ke toko baru dengan pertimbangan MURAH dan BANYAK PILIHAN !. Ini tentu bukan masalah mudah ketika anda sudah berbisnis lebih dari 10 tahun lalu tiba tiba ada kompetitor baru membuka usaha berdekatan dengan menerapkan strategi merebut pangsa pasar melalui HARGA LEBIH MURAH DAN BANYAK PILIHAN. Ketika saya mengetahui masalah ini maka saya sampaikan ini bukan masalah yang mudah namun juga bukan berarti tidak ada jalan keluar dari situasi sulit. Saya sampaikan jika bapak ingin saya ikut membantu membenahi masalah bisnis bapak ini maka saya butuh komitmen untuk siap berjuang bersama sama, saya akan bantu melalui strategi dan direction lalu bapak menjalankan apa apa yang saya arahkan tanpa memodifikasi , jadi jalankan secara polos dan kita lihat hasilnya.

Setelah saya mendapatkan komitmen dari pengusaha mebel dan furniture yang mengalami masalah serius omset terjun bebas alias turun drastis maka saya segera memuat riset dan pemetaan masalah , apa saja yang harus dicoba dilakukan untuk keluar dari situasi sulit, ada hal menarik ketika saya tanya kenapa kompetitor toko sebelah bisa menjual furniture lebih murah dibanding toko bapak? jawabnya adalah karena toko sebelah itu membeli banyak dari pabrik dan cash sehingga pabrik memberikan kontribusi dengan harga lebih murah , hal ini pasti sudah di hitung dan di sengaja oleh kompetitor yang menjadikan strategi harga lebih murah untuk merebut pangsa pasar mebel dan furniture. Namun saya tidak akan kalah atau menyerah ketika diminta klien untuk keluar dari situasi persaingan harga yang berdarah darah , ketika kompetitor main harga murah maka jangan ikut main di harga murah kalau tidak yakin bisa lebih murah namun tetap lebih profit. Sebab strategi harga murah ini juga bisa menjadi bomerang untuk jangka waktu panjang.

Menemukan apa yang membuat orang masih mau membeli dari toko anda, begitu sahut saya ketika ditanya strategi apa yang akan saya jalankan untuk mengatasi usaha mebel dan furniture milik klien saya itu bisa bangkit lagi sejak 2010.

Ternyata ketika kita fokus kepada peluang dan kekeuatan atau keunggulan kita maka akan muncul keajaiban sekita itu juga muncul gambaran gambaran strategi dan takti untuk mengatasi kompetitor yang menghancurkan pasar dengan harga murah. Saya tidak ikut main harga murah karena tidak mungkin menang maka saya membuat pendekatan stragegi BOS atau blue ocean strategi untuk mengatasi kompetitor, Alhamdulillah sesuai di testiomini yang dikirim via WA saya 085755333610 strategi keluar dari persaingan dengan pendekatan penerapan Blue Ocean Strategi berhasil men dobrak penjualan usaha mebel dan furniture yang stagnan atau merosott drastis. Silahkan hubungi WA saya jika anda punya usaha sejenis dan butuh saran dan bantuan untuk Cara meningkatkan penjualan toko mebel