cara motivasi salesman

cara motivasi salesman

Memiliki tim penjualan salesman atau sales person baik wanita dan pria memerlukan perhatian yang tidak sederhana,perusahaan yang memiliki tenaga penjualan atau salesman dituntut menemukan formula dan strategi yang bisa berdampak positif bagi perusahaan baik dalam hal penjualan maupun citra atau image perusahaan yang diwakili oleh tim salesman yang sehari-hari terjun ke lapangan dan bertemu langsung dengan prospek.

setiap kepala divisi penjualan atau manager sales selalu berusaha memberikan vitamin dan suplemen yang diharapkan bisa memberikan trigger semangat,rasa percaya diri dan komitmen dalam menjalankan tugas yang telah diberikan oleh atasan / perusahaan kepada para salesman atau divisi penjualan.

movitasi baik dengan melakukan morning briefing,peningkatkan kecakapan komunikasi,penjualan juga mengadakan outbound atau sarana pembelajaran diluar sekaligus refreshing dan juga meningkatkan kekompakan team kerap dilakukan oleh perusahaan yang perhatian dan juga memiliki budget atau dana pengembangan sumber daya manusia.

namun tidak sedikit perusahaan yang merasa segala bentuk motivasi ataupun kegiatan-kegiatan outbond yang diberikan perusahaan kepada para tenaga penjualan atau tim salesman tidak banyak memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja dan penjualan, bukankah perusahaan menginvestasikan biaya training tujuannya agar kembali kepada perusahaan dengan peningkatkan penjualan, agar tidak disebut hura-hura atau pemborosan.

Tidak semua orang bisa menjadi salesman

Jika anda sebagai pemilik perusahaan atau kepala divisi penjualan kebetulan menemukan artikel ini mungkin jika anda memiliki pengalaman dibidang sales akan melakukan perenungan dulu saat anda memulai karir dibidang penjualan sebagai seorang tenaga sales yang harus melakukan prospecting atau kunjungan langsung ke pasar/industri atau kastemer/klien, masih ingat bagaimana proses menjadi salesman itu, dan diantara teman-teman anda yang saat itu ikut mendaftar sebagai tenaga salesman atau marketing yang turun ke lapangan dan hanya bertahan beberapa bulan atau beberapa tahun, yang selebihnya mereka pindah ke bidang pekerjaan yang tidak perlu capek-capek keliling, bikin janji, stress dikejar target penjualan, di omelin bos dan seabrek kondisi rutin yang pasti diterima saat memutuskan menjadi orang sales atau orang marketing lapangan 🙂

Berapa banyak motivasi yang memang sangat bagus telah diberikan untuk orang salesman dan marketing lapangan,namun seperti menguap begitu saja.

Bahwasanya menjadi sales itu bukan pekerjaan biasa bukan tentang GELAR namun lebih kepada sikap mental, mindset seseorang tersebut apakah memang berjiwa salesman atau bukan. Karena kalau tidak saat anda berikan motivasi , fasilitas dan target maka yang akan muncul adalah keluhan dan alasan.

Sebaiknya saat merekrut sudah diberikan keterbukaan dan screening kepada calon pelamar tenaga penjualan / salesman/SPG atau marketing lapangan. Anda bisa menerapkan dari awal screening dan fokuslah kepada mental,mindset dan karakter bawaan calon sales atau marketing tersebut.

Memang bisa dilatih atau ditraining

Soal pengetahuan produk dan layanan perusahaan bisa ditraining atau dilatih namun soal mental,mindset dan karakter bawaan tidak mudah diubah dalam waktu beberapa bulan, pun jika anda mememutuskan menerima orang yang butuh kerja dan ingin menjadi sales atau marketing perusahaan anda, maka anda harus memiliki formula untuk menjadikan orang tersebut mau totalitas setidaknya dalam 3 bulan sebelum anda memutuskan apakah orang tersebut layak atau tidak diteruskan bekerja.

Rata-rata semua orang meminta gaji pokok

Saya pernah bekerja diperusahaan asing sebagai tenaga penjualan dan TANPA GAJI POKOK full murni komisi !, namun saat ini jika anda sebagai pemilik usaha dan berharap menemukan karyawan atau tenaga sales atau marketing yang bersedia tidak diberikan Gaji Pokok maka tidak mudah, terkecuali orang tersebut sudah mengetahui tentang sales dan yakin bisa menjual produk perusahaan anda, serta memiliki jaringan atau kontak dari pengalaman bekerja ditempat sebelumnya.

Namun anda bisa juga mencoba strategi atau metode perekrutan tenaga salesman atau marketing untuk mereka yang baru lulus yang biasanya membutuhkan pengalaman kerja serta lebih terbuka untuk mencoba apapun, disini anda harus menemukan pola cara perekrutan serta cara memberikan training kepada mereka.

Semoga bermanfaat

Anto 085755333610

PIN32a7FB94