cara promosi untuk menarik murid SMK

Cara promosi untuk menarik murid SMK

Hari ini saya sengaja menuls judul cara promosi untuk menarik murid SMK , karena saya mendapatkan whatsapp dari seorang pemilik sekolah berbasis IT yang menanyakan layanan konsultasi marketing, seperti biasa saya tidak akan menuliskan secara jelas identitas beliau kecuali sudah mendapat ijin. Insya Allah ini untuk pembelajaran bagi pembaca blog malang bagus yang mungkin punya usaha yang sama atau mungkin saudara atau relas anda yang kebetulan juga mengalami masalah yang sama.

Banyak cara promosi untuk menarik murid SMK yang tidak masuk ke sekolah negeri pasti akan memilih salah satu sekolah SMA atau SMK Swasta dan kalau anda amati persaingan menarik murid ke sekolah swasta akan semakin gencar saat menghadapi ujian nasional. Dengan mudahnya anda bisa lihat banyaknya spanduk, baliho dan banner yang banyak di pasang di jalanan, umumnya perempatan lampu merah , pertigaan jalan , dekat sekolah SMP, pinggir pinggir jalan yang banyak dilewati dan cenderung macet akan menjadi target pemasangan spanduk, baliho dan banner promosi untuk menarik calon murid SMA atau SMK Swasta.

Namun pertanyaannya kenapa ada sekolah yang berhasil menjaring calon murid SMA/SMK lebih banyak dibandingkan sekolah SMA/SMK yang lain. Padahal mereka juga melakukan aktivitas kampanye pemasaran atau marketing yang mirip bahkan cenderung satu sama lainnya melakukan prinsip A.T.M , Amati, Tiru, Modikasi atau malah A.T.M Amati, Tiru, Menjiplak persis. Bahkan ada pertanyaan kenapa ya pak , sekolah kami fasiliasnya lebih oke tapi kok masih kesulitan mencari murid dibandingkan sekolah SMA/SMK XX. Nah disini yang saya maksud ditulisan saya tentang sama sama pasang iklan di Koran, radio, spanduk tapi bisa beda hasilnya. Apakah cara promosi untuk menarik calon murid yang kami lakukan kurang tepat pak ? itu pertanyaan pernah di tanyakan peserta workshop marketing saya beberapa tahun lalu untuk usaha bimbingan belajar, anda bisa temukan testimoni beliau di web ini juga.

Sebelum memilih sarana atau media untuk menyampaikan pesan / komunikasi melalui serangkaian promosi , maka anda sebaiknya membuat analisa Segmentasi, Targeting, Positioning , Core Value , Core Story yang nantinya akan di rangkum menjadi bauran strategi marketing anda. Jangan asal ikut ikutan, kompetitor anda pasang baliho anda ikut, kompetitor anda iklan 1 halaman Koran anda ikut, karena bisa jadi anda hanya buang uang saja. Kecuali anda tahu betul anda lakukan serta sudah menyiapkan strategi berlapis.

Saya ulangi lagi minimal anda harus mengevaluasi ulang Segmentasi, Targeting, Positioning , Core Value , Core Story , setelah itu temukan 2 P yang menjadi hukum kekekalan marketing yaitu Pain and Pleasure. Saat saya menulis ini saya juga menyampaikan kepada business owner yang mengirim pesan WA saya, sebaiknya bertemu dulu untuk diskusi baru nanti ada gambaran program, strategi dan fee untuk layanan konsultan bisnis dan marketing