Di kejar tagihan kartu kredit

Kartu kredit bukan untuk mindset miskin
Sudah sering saya mendapatkan curhat tentang orang yang di kejar-kejar tagihan kartu kredit , mulai puluhan juta hingga ratusan juta. Dan kalau di telusuri sumber masalahnya hampir sama, yaitu menggunakan kartu kredit untuk bisnis dan konsumtif.

Tentang hal ini sudah pernah saya tulis, bahwa bisnis dengan kartu kredit bukan pilihan cerdas bagi seorang pengusaha muslim, karena ada unsur riba.
Bahwa kartu kredit memang bukan untuk orang yang memiliki mentalitas miskin atau pemboros atau hobi belanja, yang tidak mikir belakang hari nanti bagaimana bayarnya, dan kartu kredit juga bukan untuk hal-hal urgent semisal anak sakit dibawa berobat terus bayar tagihan berobat pakai kartu kredit.

Hal yang sudah saya dengar adalah saat anaknya sembuh ganti orang tuanya yang sakit karena bingung gimana cara membayar tagihan kartu kredit , belum lagi kalau terlambat kena bunga.
Jika anda sekarang memiliki kartu kredit, sebaiknya anda perlu berpikir jernih apakah memang benar penting anda memiliki kartu kredit tersebut, dan yang paling penting apakah anda “siap” langsung membayar lunas setiap selesai menggunakan kartu kredit.

Jika anda membayar hanya minimum payment akan terkena beban bunga yang makin besar.
Kartu kredit bagi sebagian orang memang memiliki manfaat, semisal klien saya yang berbisnis di bidang hosting dan domain, semua transaksi harus menggunakan kartu kredit.

Kemudian ada yang sering bepergian ke luar negeri yang mana untuk pembelian tiket pesawat dan booking hotel harus menggunakan kartu kredit. Artinya kartu kredit disini memang diperlukan, dan yang paling utama setiap selesai menggunakan kartu kredit, maka langsung di bayar lunas.
• Tanyakan diri anda , apakah anda memang membutuhkan kartu kredit?
• Apakah anda sudah menghitung secara cermat potensi untung dan rugi plus beban bunga jika bisnis menggunakan kartu kredit? (bisnis tujuannya cari uang, bukan cari stress dan numpuk hutang)
• Apakah anda sudah menuliskan opsi-opsi lain, selain kartu kredit?
• Apakah anda termasuk kategori orang yang disiplin dalam mengelola keuangan?

Semoga sharing kali ini bermanfaat

Jabat erat

Coach Anto