Hukum sebab akibat

Berikut cuplikan dari buku saya pengalaman bangkit dari bangkrut/riba & membangun usaha tanpa hutang tanpa riba

Selalu ada Jalan, bagi orang berusaha dengan sungguh-sungguh & menyadari kesalahannya.

Babnya terkesan spiritual? Anda mungkin bertanya & saya jawab, iya , karena ini fakta bahwa orang-orang yang sukses selalu memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan. Mereka percaya bahwa ada sebab ada akibat, dan tidak ada waktu untuk mengeluh, kegagalan adalah bertambahnya pengetahuan, yang di perlukan adalah UBAH CARANYA! Agar hasilnya berubah

Apakah anda saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan? Bisnis sedang menurun atau bahkan anda saat ini sedang bangkrut, terlilit hutang riba? dan semuanya sudah habis tergadai, terjual tanpa bekas?.

Jika saat ini, kenyataan itu yang terjadi maka, bersabarlah ! dan tetap bergerak, dengan mengubah mindset anda tentang cara berpikir , dan cara berprasangka terhadap situasi yang saat ini terjadi.

Anda masih punya Tuhan Yang Maha Kuasa!, apa yang anda alami sekarang adalah buah atau hasil dari masa lalu. (ada sebab ada akibat).

sebagai muslim ini adalah hal yang benar-benar membuat saya takut teringat dosa-dosa masa lalu, seringkali kita lupa bahwa bisnis itu sangat rawan menghalalkan segala cara & banyak menabrak aturan Allah swt. Jadi apa yang anda sekarang ini adalah, buah dari masa lalu anda. Hanya tobat & ampunan Allah swt yang kita harapkan & tidak mengulang masa lalu.

Setiap kebaikan yang dilakukan walau hanya sebesar dzarrah (kecil) akan dibalas, begitu pula yang beramal kejelekan walau kecil akan dibalas. Dan perlu diketahui bahwa kejadian pada hari kiamat begitu dahsyat, manusia akan terheran-heran kenapa bumi yang biasa tenang jadi bergoncang.

  Allah Ta’ala berfirman,

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5) يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ (6

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ (7) وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (8)

Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikansekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatansekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)