Internet Marketing itu repot dan ribet

Menjalankan Marketing Online itu Ribet?

Saya sedang dalam perjalanan menuju kota Malang saat dapat BBM dari seorang bapak yang menemukan artikel tentang cara meningkatkan penjualan toko Online di blog saya www.Malangbagus.com. Dalam chatting via BBM tersebut nampaknya bapak tersebut sudah sering berkecimpung di dunia internet marketing dan hobi mencoba beragam tools online serta media promosi sebab sudah 1 tahun lebih, mencoba peruntungan di bisnis online. Namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan sedangkan uang yang keluar sudah banyak.

Saya senyum aja, namanya juga belajar trial dan error hehe. Metode yang dipakai beliau adalah Facebook Advertising (fanpage , promote , Ads) , SEO, Iklan Baris, Adwords dan Twitter terakhir ikut workshop yang lumayan bagi ukuran beliau Rp 5jt.

Secara pribadi saya mulai mengenal internet marketing tahun 2006 saat itu malah kenalan dengan pak Rony (pendiri TDA) yang sama – sama ikut World Internet Summit di Jakarta (hotel Arya duta). Dan dari situlah kegilaan saya terhadap menghasilkan uang dari internet dimulai, agar tidak lama cerita, maka  singkat cerita,  saya sekarang menggunakan waktu untuk internet hanya 20% atau tidak pernah lebih 2 jam perhari bahkan sering kali seminggu hanya 5-6 jam totalnya.

Nampaknya bapak tersebut kaget sebab biasanya beliau menghabiskan lebih 4 jam perhari untuk melakukan kegiatan online marketing. Saya bilang , kalau begitu bapak bukan bisnis , sebab habis waktunya untuk ngurusi marketing online dan sebagai owner gak sempat memikirkan bisnis agar bisa tumbuh dan menghasilkan profit serta cash money.

Jangan terjebak oleh tools atau media.

Internet marketing itu kalau dituruti gak ada habisnya pak, begitu saya menjawab BBM beliau, sebab pengalaman saya bicara tentang tools untuk Social media aja jumlahnya banyak, bicara tentang SEO toolnya juga banyak , belum lagi bicara tentang strategi marketing, bisa menghabiskan uang banyak dan jika dikumpulkan ebooknya lumayan jumlahnya. Jadi strategi Internet Marketing itu sangat banyak, jangan terjebak di tools dan ikut-ikutan.

Fokus kepada 1 atau 2 media.

Terus yang paling mudah apa coach tanya bapak tersebut, saya jawab tidak ada yang mudah namun juga tidak sulit artinya perlu ketekunan dan kesabaran. Salah satu yang sering saya rekomendasikan untuk meningkatkan penjualan online adalah dengan konsep komunitas dan numpang promosi. Secara simple adalah anda masuk ke forum forum 3 terbesar di Indonesia (bisa cek di alexa) semisal Kaskus dan posting di FJB atau Market Place (yang bayar), dan jangan remehkan forum semisal kaskus sebab banyak orang menghasilkan uang ratusan juta dari sana.

Lalu bisa juga menggunakan Toko Bagus, Berniaga, Olx. Kalau facebook anda bisa juga mulai dengan yang gratis semisal grups sambil melatih copy writing dan strategi. Sebelum melangkah ke strategi yang lain.

Bayar orang saja.

Mengerjakan online itu makan waktu kenapa tidak membayar orang untuk melakukan pekerjaan marketing , gaji 2 orang ABG Rp 2 jt perbulan untuk 2 orang tersebut, namun anda bisa punya waktu dan hasilkan bisa  20x lipat bahkan lebih kenapa masih memilih mengerjakan sendiri. Saya ada alumni yang bisa menghasilkan 300 jt omset dengan mempekerjakan 3 orang staff untuk khusus online.

Sebenarnya banyak strategi dan optimasi bisnis menggunakan media Online, namun apapun itu biasakan membuat pemetaan atau mind map dan pelajari karakter setiap media dan temukan short cut sehingga anda tidak buang waktu duduk berjam-jam, sebagai bisnis owner anda masih banyak kerjaan.

Kombinasikan dengan taktik offline marketing, banyak cara mendatangkan prospek bisa dengan kompetisi , dan lain-lain. Coba lah membiasakan menulis dan memetakan setiap langkah marketing dan analisa lalu perbaiki dan terus inovasi.

Saya tutup dengan kalimat , senjata yang canggih di tangan anak kecil tidak akan berguna malah bisa mencelakai dirinya sendiri