Jangan remehkan Direct selling

Direct Selling masih Efektif.

Gara – gara di tawari minuman Yakult siang hari, oleh seorang ibu yang menjajakan Yakult di sekolah anak saya, dengan bahasa yang santun dan menyentuh hati, meski singkat penawarannya tapi bagi saya itu teknik closing efektif.

Dan ibu tersebut nampaknya sudah terlatih dan terasah dalam melakukan closing, jadilah saya membeli yakult 2 (dua) paket. Saya perhatikan ada juga beberapa orang tua murid yang membeli Yakult (maaf ini bukan sponsor yakult). Dalam hati saya jadi ingin explore strategi Marketing perusahaan Yakult.

Kalau menurut pengamatan saya Produk yang satu ini, kini memang jarang , nampak di media Elektronik semisal TV , Radio bahkan Koran (atau saya yang jarang nonton TV? ).

Yakult sendiri adalah minuman probiotik mirip yoghurt link referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Yakult, perusahaan asal jepang ini telah menjual minuman ini ke banyak Negara.

Direct selling dengan mengusung konsep Lady Yakult ini terbukti bisa menghemat biaya Advertising , karena langsung bersentuhan dengan kastemer, dan menggunakan wanita (lady) adalah tindakan yang cerdas, karena kalau saya perhatikan yang berjualan Yakult adalah rata-rata ibu-ibu tentunya mereka punya alasan yang kuat untuk menghasilkan uang, disini konsep bahwa memiliki tim Sales wanita harus cantik, menor dan memiliki tubuh aduhai tidak sepenuhnya berlaku.

Bahkan saya dulu saat bekerja, pernah punya staff sales wanita yang wajahnya bisa dibilang biasa dibandingkan yang lainnya, namun penjualannya lebih banyak dibandingkan staff sales wanita lainnya. Hal ini karena staff sales saya tersebut mampu membawa alur komunikasi yang nyaman dan cair, sehingga akhirnya closing.

Miliki Sales Team untuk meningkatkan Omset dan Profit.

Direct selling untuk saat ini masih efektif bagi perusahaan asal dilakukan dengan cermat dan tersistem,  dan memiliki sales team yang terlatih, tenggok aja semisal perusahaan yang menjual buku ensklopedia yang bisa menghasilkan penjualan fantastis, dengan strategi direct selling. Saya sendiri pernah menjadi sales awal-awal dulu bekerja sambil sekolah, karena lowongan yang paling banyak adalah bidang direct selling , jadi saat melamar ya langsung diterima hehe. Bahkan sampai saya menjadi Sales Manager di beberapa perusahaan, kalau saya cermati ongkos operasional perusahaan untuk memberikan gaji pokok (*setiap perusahaan beda kebijaksanaan) kepada staff sales masih tetap menguntungkan.  Asal anda tahu cara memanage Sales Team.

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan direct selling dengan menerjukan sales team mereka baik secara gerilya orang per orang atau per grup (3-4 orang) mengakui efektifitas memiliki Sales team. Tentunya yang sudah terlatih ya.

Bisa dapat cash

Kelebihan direct selling adalah sifatnya yang flexible dan bisa melakukan pendekatan secara personal dan langsung bisa influence Kastemer, bahkan bagi bidang bisnis tertentu langsung bisa mendapatkan uang cash atau juga DP untuk produk yang dibeli konsumen

Tetap ada kelemahan.

Memiliki Sales team juga memiliki kelemahan, seperti jika anda memberikan gaji pokok, atau uang transport yang diberikan dalam jumlah tertentu sebagai ganti bensin / transport atau makan. Sebab sekarang ini cari sales  yang mau jadi sales , juga tidak mudah yang bersedia bekerja berdasarkan komisi saja, kecuali anda mengemas dalam bentuk perekrutan dengan metode yang berbeda.

Sehingga meski tidak di gaji, tapi karena imbalan komisi per closing dan rewardnya yang dirasa besar,  mereka masih bersedia. Ini masih banyak digunakan perusahaan-perusahaan.

Industry asuransi, MLM, Keuangan adalah salah satu yang dominan menggunakan direct selling ini.

Pembinaan berkala

Mutlak diperlukan semisal , pelatihan teknik presentasi, motivasi, games, meeting harian dan monitoring target harian, adalah kunci memiliki Sales team yang solid. Menjaga sales team agar memiliki loyalitas dan kebanggan bekerja di perusahaan anda adalah hal yang seharusnya menjadi tujuan, karena mereka akan bekerja dengan passion dan cinta. Sebab mereka bangga menjadi Sales Team anda.

SALES = $ , bagi bisnis anda. Jadi mulailah mempersiapkan system untuk menjalankan direct selling yang efektif.

Selamat mencoba strategi direct selling.

Coach Anto Dobrak

PIN 32A7FB94