Jangan tergoda minta sedekah

Jangan tergoda minta sedekah atau cari hutangan meski sulit.

Islam melarang umatnya untuk tidak minta sedekah , namun tidak melarang untuk memberi sedekah dan zakat. Apa hubungannya hal ini dengan menjadi pengusaha ? ternyata sangat erat, sebab berkaitan dengan mental dan karakter. Serta kemampuan berpikir kritis untuk bisnis anda. Sekali anda terbiasa mudah hutang maka akan membawa efek negatif bola salju kebangkrutan bisnis.

Kebanyakan orang akan langsung terpikir cari hutangan bahkan tidak perduli menggunakan riba, setelah dapat hutangan tersebut, bukannya malah selesai masalah, timbul masalah baru dan cari hutangan lagi terus begitu. Sampai hutang – hutang tersebut terasa mencekik leher .

Orang yang menggampangkan hutang sebenarnya sedang meminta kemiskinan agar ditimpakan kemiskinan, berikut saya ambil mutiara hadist dari dan dari berbagai referensi juga pengalaman praktisi.

Semoga kita semua terlindung dari hutang (riba) dan tetap yakin dengan bulat bahwa selalu ada jalan keluar tanpa menghinakan diri di hadapan makhluk.

Mutiara hadits

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang tertimpa kelaparan, lalu ia meminta-minta kepada manusia, kelaparannya tidak akan hilang. Dan barangsiapa tertimpa kelaparan, lalu mengadukannya kepada Allah swt., maka Allah swt. akan memberikan kepadanya rezeki yang akan ia dapatkan dengan segera atau terlambat sedikit. ( Hadits Riwayat Tirmidzi )

Tidaklah salah seorang dari kalian yg terus meminta-minta, kecuali kelak di hari kiamat ia akan menemui Allah sementara di wajahnya tak ada sepotong daging pun. Dan telah menceritakan kepadaku Amru An Naqid telah menceritakan kepadaku Isma’il bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari saudaranya Az Zuhri dgn isnad ini, namun ia tak menyebutkan muz’ah (sepotong). [HR. Muslim No.1724].

Tidaklah seseorang terus meminta-minta hingga kelak pada hari kiamat ia menjumpai Allah sementara di wajahnya tak ada sekerat daging pun. [HR. Muslim No.1725].

Siapa yg meminta-minta kepada orang banyak untuk menumpuk harta kekayaan, berarti dia hanya meminta bara api. Sama saja halnya, apakah yg diterimanya sedikit atau banyak. [HR. Muslim No.1726].

Berangkatnya salah seorang diantara kalian pagi-pagi kemudian pulang dgn memikul kayu bakar di punggungmu, lalu kamu bersedekah dgn itu tanpa meminta-minta kepada orang banyak, itu lebih baik bagimu daripada meminta-minta kepada orang banyak, baik ia diberi atau tidak. Sesungguhnya tangan yg memberi itu lebih mulia daripada tangan yg menerima. Dan dahulukanlah memberi kepada orang yg menjadi tanggunganmu. Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id dari Isma’il telah menceritakan kepadaku Qais bin Abu Hazim ia berkata, kami mendatangi Abu Hurairah maka ia pun berkata; Nabi pernah bersabda:
Seorang dari kalian pergi, lalu ia kembali dgn membawa kayu bakar di atas punggungnya, lalu ia menjualnya. Kemudian ia pun menyebutkan hadits yg serupa dgn hadits Bayan. [HR. Muslim No.1727].

Seorang dari kalian mengikat satu ikatan kayu bakar, lalu ia memikulnya di atas punggungnya, kemudian ia jual adl lebih baik baginya daripada harus meminta-minta kepada orang, baik orang itu memberi atau menolaknya. [HR. Muslim No.1728].

kalian akan menyembah Allah & tak menyekutukan-Nya dgn sesuatupun juga, akan menegakkan shalat lima waktu, akan berlaku patuh kemudian beliau melirihkan perkataannya: & tak akan meminta sesuatupun kepada orang banyak. Auf berkata; Aku pernah melihat sebagian dari mereka itu suatu saat cambuknya jatuh, tetapi ia tak meminta tolong sedikit pun kepada orang lain untuk mengambilkannya. [HR. Muslim No.1729].

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang tertimpa kelaparan, lalu ia meminta-minta kepada manusia, kelaparannya tidak akan hilang. Dan barangsiapa tertimpa kelaparan, lalu mengadukannya kepada Allah swt., maka Allah swt. akan memberikan kepadanya rezeki yang akan ia dapatkan dengan segera atau terlambat sedikit. ( Hadits Riwayat Tirmidzi )

Sesungguhnya seseorang yang (biasa) berhutang, jika dia berbicara maka dia berdusta, jika dia berjanji maka dia mengingkarinya” (HR Al-Bukhaari no. 832 dan Muslim no. 1325/589)

Temukan ide produk dan jasa lalu jual lah !

Itu lebih baik, jika anda harus berhutang karena sangat-sangat terpaksa itu boleh namun sebaiknya anda tanyakan dulu apakah niat anda berhutang tersebut. Dan ketahui bahwa uang itu adalah alat tukar nilai, anda bisa mendapatkan uang jika menjual produk atau jasa. pengusaha adalah orang yang menjual (produk/jasa) anda bisa membaca artikel ide usaha dengan modal kurang dari Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)

Dan anda pasti punya jalan jika focus kepada solusi bukan masalah, semoga sharing artikel ini bermanfaat untuk mengingatkan diri saya sendiri terutama. Dan semua orang kaya yang sekarang memiliki perusahaan (bisnis) besar mengawali dengan modal seadanya, kerja keras dan prinsip hidup semurah mungkin serta menunda kesenangan. Mereka memilih memberi sedekah bukan meminta-minta. Jadi jangan tergoda minta sedekah dan membiasakan diri berhutang dan meminta-minta, karena pasti hidup anda tidak akan berubah lebih baik

Semoga manfaat

Coach Anto Dobrak Performance

Pinbb 32A7FB94 | WA:085755333610

Private coaching Meningkatkan Omset Bisnis & Profit (Garansi)