Karyawan makan hati jangan dibiarkan

Masalah terbesar dalam bisnis adalah SDM karena tanpa SDM yang kompeten dan memiliki karakter yang handal maka sebagus apapun produk yang di jual pasti akan mengalami masalah. Kejadian semisal di bisnis kuliner ketika karyawan yang bagian dapur hingga pelayanan tidak patuh terhadap SOP maka bisa di pastikan berantakan semua.

Karyawan bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis anda atau malah jadi penentu kebangkrutan bisnis anda, ketika masalah SDM ini muncul dan tidak segera diatasi maka dipastikan semakin lama semakin terpuruk bisnis itu. Apa saja masalah SDM ?

  1. Tidak jujur
  2. Tidak patuh
  3. Melakukan kesalahan berulang ulang
  4. Bekerja asal asalan
  5. Tidak mau berubah menjadi lebih baik

5 masalah diatas termasuk masalah yang sering dijumpai dan seringkali baru di sadari oleh owner ketika merasakan komplain pelanggan serta ketidak beraturan operasional. Untuk itu sebagai owner harus segera berubah, benahi SDM dan buat mereka patuh dengan aturan jika tidak mau maka silahkan cari kapal lain.

Ketika bisnis di jalankan dengan tidak punya sistem hal itu lumrah terjadi namun jangan terlalu lama, maksimal 5 bulan harus sudah berubah kalau tidak ingin berantakan dan tutup. Boleh diskusi dengan karyawan namun jangan terlalu mengikuti karyawan karena ada tipe karyawan biang kerok dan makan hati kalau seperti itu silahkan di lepas dan cari yang baru, karena sebagai pemilik bisnis yang jika terlalu mengikuti perasaan dan membiarkan karyawan yang punya karakter racun maka akan meracuni karyawan lainnya , sehingga mereka yang awalnya baik baik saja menjadi ikut tertular racun .

Menghargai karyawan memang harus di lakukan sebab karyawan adalah bagian terpenting dari kemajuan sebuah perusahaan, namun karyawan yang seperti apa yang harus di maintain dan mana yang harus di buang harus dipilah dan dipilih. Saya mengibaratkan seperti telur busuk meskipun hanya 1 namun jika dicampur dengan 1 keranjang atau 1 peti telur bagus maka , akan membuat telur telur yang bagus awalnya akan menjadi ikut tertular bakteri dari telur busuk, jadi ini pelajaran penting dalam memaintain karyawan. Seleksi penting yang harus di utamakan adalah karakter dan kepribadian minimal 5 diatas yang saya sebutkan itu harus bagus jika tidak ingin di bikin pusing oleh ulah karyawan. Dan percayalah masih banyak karyawan dengan karakter dan kepribadian baik serta patuh pada aturan diluar sana yang sedang mencari lowongan pekerjaan.