Kenapa Usaha Kuliner Sepi

Kenapa Usaha Kuliner Sepi

Sejak saya sering membuat artikel seputar Bisnis di web atau blog saya sering mendapat telpon, salah satunya pernah di telpon pemilik usaha kuliner di bandung beliau bertanya Kenapa Usaha Kuliner Sepi ya pak? Pertanyaan yang tidak bisa saya jawab karena saya sendiri belum kenal beliau dan usahanya,jadi tidak tahu kenapa  beliau termasuk mengalami fase usaha kuliner sepi. Jika anda pemilik usaha kuliner entah itu dalam konsep bentuk warung makan pinggir jalan, café dan resto mungkin  paparan saya di artikel kali ini bisa memberikan pandangan wawasan tentap penyebab usaha kuliner bisa sepi.

Sebenarnya saya menulis artikel berkaitan usaha kuliner ini bukan pertama karena saya sudah menuliskan beberapa artikel tentang bisnis kuliner yang ada di malang berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya menangani pembenahan usaha kuliner yang terancam bangkrut alias gulung tikar.

Kenapa Usaha Kuliner Sepi

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentang tidak bisa langsung , oh warung bapak / ibu kurang hoki, oh mungkin bapak / ibu waktu buka pertama kali salah tanggal dan lain lain yang bukan keahlian saya  hehe. Jadi saya akan membedah berdasarkan kompetensi bisnis .

Terlalu percaya diri

Percaya diri memang boleh dan diperlukan untuk menjadi pengusaha namun percaya diri berlebihan tentu akan membawa akibat atau dampak yang kurang baik bahkan diantara penyebab bangkrut itu adalah terlalu percaya diri. Yang saya maksudkan terlalu percaya diri disini adalah dalam hal memutuskan suatu keputusan , contoh nyata saya pernah diajak diskusi oleh pemilik usaha kuliner yang bertema café and resto di kota malang. Beliau dengan percaya diri mengatakan bahwa konsepnya unik , pertama dan belum ada di kota malang. Maaf untuk nama café dan owner saya rahasikan tidak etis, namun ini kisah nyata bisa menjadi pembelajaran tentang bahaya terlalu percaya diri.

Beliau membuat menu semacam makanan prasmanan dengan harga murah dan sesuai dengan segmen mahasiswa ditambah lagi lokasi café dan restonya berada di kawasan sukarno hatta yang memang sangat padat dan secara pandangan awal sangat cocok jika membidik mahasiswa Namun apakah café resto nya bertahan lebih dari 1 tahun ? jawabnya saya diberitahu via WA bahwa sudah tutup gak sampai bulan ke 6 dan belum balik modal kata salah satu investor mereka. Sebenarnya saya sendiri pernah menulis dan sharing bahwa di kota malang dan juga mungkin kota kota dengan karakteristik mirip kota malang semisal kota bandung , ditemukan usaha kuliner itu termasuk bisnis yang sangat kompetitif.Artinya dalam hitungan kurang dari 6 bulan banyak bermunculan usaha kuliner baru dan juga selalu ada yang tutup tidak sampai 1 tahun bahkan kurang dari 6 bulan dan belum balik modal.

Rasa masakan harus bikin kangen

Tentunya kalau anda membuka usaha kuliner harus mendapatkan pengkuan dari orang lain kalau rasa masakan warung atau café dan resto anda , enak dan bikin kangen. Saya lebih suka menyebutkan rasa masakan harus bikin kangen. Kembali ke pertanyaan Kenapa Usaha Kuliner Sepi , ini juga perlu dibedakan antara enak versi pemilik dan enak versi konsumen , karena ada juga pemilik yang terlalu percaya diri yang mengatkan rasa makannnya enak hehehe.  Untuk itu anda perlu membuat trial dulu sebelum buka warung apalagi resto yang modalnya besar eh ternyata masuk bulan ke tiga sepi dan tutup. Trial rasa masakan itu sangat penting  dan kalau anda punya warung atau resto favorite kebanyakan karena rasa masakannya itu bikin kangen karena cocok dengan lidah dan selera anda.

Kenapa Usaha Kuliner Sepi meski sudah promosi dimana mana ya pak? Beliau bertanya dengan nada bingung , waktu saya tanya apa saja yang sudah bapak lakukan untuk memperkenalkan usaha kuliner bapak? Beliau menjawab saya sudah melakukan hal hal sebagai berikut

  • Iklan di radio lokal dengan mengajak pendengar radio untuk datang dan dapat diskon
  • Pasang spanduk dan baliho di jalan jalan keramaian
  • Iklan di online
  • Sms broadcast

Pokoknya sudah saya coba pak, beliau menceritakan dengan nada pesimis dan bingung, saya mengatakan kalau bapak butuh menghire saya maka saya siap melakukan analisa dan berangkat ke bandung, namun karena sesuatu hal beliau masih belum bisa menghire saya , meskipun beliau tahu dan menyadari investasi  menghire konsultan bisnis Insya Allah akan balik modal berlipat lipat .

Maka saya memberikan tips singkat karena saya tidak punya data dan tidak mengetahui secara langsung.

Pertama lakukan survey usahakan minimal 60 persen dari total pelanggan yang beli dalam 1 bulan. Idealnya 3 bulan .  Strategi dan metode survey ini meski sederhana namun hasilnya akan luar biasa jika dilakukan dengan tepat untuk mengetahui Kenapa Usaha Kuliner Sepi .  Anda bisa cukup membuat pertanyaan sederhana dan tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit agar tidak membuat konsumen anda merasa tidak nyaman. Survei mengenai Rasa, Pelayanan, Kebersihan dan Harga itu sudah cukup efektif sebagai tahap awal menjawab pertanyaan Kenapa Usaha Kuliner Sepi  semoga bermanfaat dan jika butuh bantuan , saya siap membantu pendampingan bisnis kuliner anda.

Masih banyak masalah masalah yang  punya potensi membuat usaha kuliner sepi dan bahkan mengarah ke bangkrut atau tutup dan terlilit hutang, semisal melakukan proses yang kurang efektif, SDM , keuangan yang bocor dan lain lain.