Ketika penjualan semakin turun

Ketika penjualan semakin turun maka kebanyakan pengusaha akan bingung dan panik , kali ini sharing tentang hal tersebut. Sudah lebih dari 3 kali saya diminta pengusaha dari berbagai jenis bisnis , semisal fashion, furniture & mebel serta makanan yang dulu pernah saya bantu untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, setelah beberapa tahun tidak pernah kontak kontakan lagi karena memang saya sudah selesai menjalankan tugas yang menjadi target sebagai konsultan bisnis di malang, surabaya dan jakarta untuk pengusaha pengusaha dengan omset di bawah 1 milyar per bulan.

Ketika sudah mentok karena merasa sudah melakukan semua strategi, taktik yang pernah saya ajarkan dan dulu sangat berhasil lalu setelah 2 tahunan menurun omset dan profit bisnis beliau beliau, maka saya di hubungi untuk mendiskusikan hal hal apa yang harus di lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Ketika penjualan menurun saya hanya menggunakan 3 cara untuk mendiagnosa atau menganalisa dan memetakan kendala serta penyebabnya, meskipun sebagai konsultan bisnis saya memiliki dokumentasi lebih dari 380 strategi untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan namun seringkali hanya 3 saja yang diperlukan untuk mengatasi masalah sepi order atau sepi penjualan.

Untuk yang memiliki tim sales person maka saya akan menganalisa perihal SOP tim sales person apa sudah punya dan dijalankan dengan baik, tepat dan terukur, lalu saya akan minta melakukan role play dengan disesuaikan kondisi kondisi real di lapangan yang sering ditemui, kemudian saya akan membongkar dan memetakan database pelanngan.

Ketika 3 hal tersebut dilakukan maka tidak perlu waktu lama sampai berminggu minggu apalagi berbulan bulan untuk melihat hasil dari perbaikan yang dilakukan dan aliran penjualan sudah mulai jalan lagi. Saya seringkali menemukan pengusaha pengusaha yang pernah saya dampingi untuk pembenahan dan peningkatan bisnis sering lupa, lalai atau malah terlalu sibuk sehingga tidak melakukan kontrol dan monitoring terhadap aturan autran yang harus dilakukan jika ingin mesin penjualan tetap berjalan dengan baik.

Ketika penjualan sepi atau menurunnya omset dan profit , maka anda harus stop promosi banting harga karena akan membuat anda semakin parah dalamm hal keuangan dan justru akan semakin sulit karena terlalu sering posting atau upload konten promo orang malah merasa bohongan ini promonya.

Dan saya pernah juga menulis di blog ini maupun di blog pembenahan bisnis

http://coachsantoso.blogspot.com perihal mengatasi penjualan yang turun tanpa ribet asal mau dan sungguh sungguh melakukan, anda butuh solusi bisnis ? hubungi nomer wa 085755333610, salam melejit.