Manfaat pembenahan bisnis

Mohon maaf baru bisa update di blog ini, karena sempat di hack sehingga saya aktif di blog http://coachsantoso.blogspot.com , kali ini saya menjawab pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh pengusaha perihal program pendampingan pembenahan bisnis yang saya adakan.

Tujuan dari program pendampingan pembenahan perusahaan / bisnis, adalah ingin membantu para pengusaha khususnya pengusaha muslim untuk bisa memiliki perusahaan/bisnis yang sehat dan kuat serta terbebas dari hutang & riba. Menyadarkan pengusaha bahwa kesuksesan bisnis tidak diukur dengan banyaknya hutang & riba.

Saya menemukan kenyataan banyak pengusaha  yang mengalami 9 masalah kronis

  1. Bisnis stagnan alias tidak bertumbuh secara signifikan/berkesinambungan
  2. Sulit sekali meningkatkan keuntungan perusahaan.
  3. Bisnis yang selalu kekurangan uang cash
  4. Utang yang semakin menumpuk.
  5. Bekerja siang malam menjalankan bisnis sepanjang hidup, rumah tangga berantakan lalu berakhir miskin.
  6. Tidak bisa terlepas dari rutinitas bisnis, dan jika bisnis ditinggal owner maka akan berantakan atau bahkan tidak berjalan.
  7. Jualan semakin sulit karena persaingan yang ketat
  8. Masalah yang muncul sering berulang ulang
  9. Bertahun tahun punya bisnis semakin sulit dan bingung menentukan arah perusahaan.

Penyebab utama adalah karena “ketidak tahuan” tentang bagaimana menjalankan bisnis secara baik , karena kebanyakan pengusaha lebih menjadikan modal uang sebagai unsur terpenting untuk kemajuan bisnis, sehingga berlomba mencari pinjaman hutang riba, dan ternyata malah membuat semakin sulit. Bahwa menjalankan bisnis / perusahaan perlu ilmu atau pengetahuan adalah hal yang tidak atau kurang disadari.

Banyak pengusaha yang tidak mengetahui ibarat membangun rumah maka minimal harus memiliki 4 (empat) pilar utama.

  1. Strategi & Menejemen operasional
  2. Strategi & Menejemen SDM
  3. Strategi & Menejemen marketing & sales
  4. Strategi & Menejemen keuangan

Ke 4 (empat) pilar diatas harus dimiliki dan harus kokoh/kuat, karena memang apapun model atau jenis bisnis yang dilakukan minimal 4 pilar diatas itu pasti ada dan memang harus ada.

Kerugian yang sangat besar baik itu meliputi biaya dan waktu seringkali terlambat di sadari oleh pemilik bisnis , untuk itulah fungsi program pendampingan pembenahan bisnis ini saya buat khususnya untuk para pengusaha muslim, durasi yang di butuhkan adalah 12 bulan dan itu tercantum dalam program kerja dan strategi pembenahan perusahaan.