Marketing bukan ilmu pasti

Marketing bukan ilmu pasti

Percakapan saya dengan pengusaha yang berdiskusi perihal perjalanan membesarkan bisnis dan akhirnya mengerucut ke ranah seputar marketing, seperti sudah sering ditulis di blog ini tentang marketing dan masih terus menjadi topik yang menarik untuk di bicarakan bahkan semakin besar perusahaan maka peran marketing semakin vital, berapa banyak bisnis atau perusahaan yang akhirnya tutup alias bangkrut karena tidak mampu bersaing. Seperti quotes dari Peter F. Drucker bahwa Marketing dan Inovasi adalah hal yang sangat penting untuk bisa menghasilkan penjualan. Tidak perduli seberapa bagus produk dan jasa anda, kalau tidak terjual maka artinya tidak ada uang masuk dan itu artinya bisnis anda selesai alias TUTUP.

Seringkali dalam diskusi dengan pengusaha membicarakan kenapa ada yang berhasil dan ada yang tidak , padahal menggunakan media yang sama, semisal ada 3 kuliner sama persis produknya , dan sama sama memasang spanduk di sekitar jalan sudirman namun dari 3 kuliner tersebut hanya 1 yang berhasil sedangkan yang 2 tidak berhasil, sama sama pasang iklan di Koran AB dan hanya 1 yang berhasil sedangkan lainnya mengaku tidak mendapatkan hasil sesuai di harapan. Kenapa kok bisa begitu coach? Begitu biasa saya ditanya, maka saya sampaikan karena Marketing bukan ilmu pasti , jadi meski media yang digunakan sama hasilnya bisa beda , bahkan seperti bumi dan langit maksudnya ada yang berhasil BEP dan mendapatkan kenaikan yang signifikan namun ada yang malah tekor alias rugi.

Sekali lagi camkan karena Marketing bukan ilmu pasti maka hasilnya bisa berbeda beda untuk itu perlu strategi dan tools monitoring, seperti tes dan ukur, riset, survey, scaling up, USP, Core Story, IRO yang harus membaur di olah layaknya anda membuat sambal yang beraneka bahan dengan campuran yang pas sambalnya rasanya mantap, hehehe saya suka sambal penyetan. Ketika anda menjalankan marketing dan belum berhasil maka ganti atau ubah jangan nekad tetap memakai cara cara dan strategi yang tidak berjalan.