Melakukan kesalahan berulang mengakibatkan kerugian

Melakukan kesalahan berulang mengakibatkan kerugian

Lanjutan artikel yang kemarin di posting disini masih tentang penyedot profit bisnis yang saya istilahkan sebagai vampire dan lintah karena keduanya di asosiasikan dengan menghisap darah korban dan dalam bisnis darah itu adalah keuangan, karena percuma dapat margin profit 20 % tapi ternyata tanpa anda sadari ada 10% profit yang keluar tanpa anda sadari. Seperti anda mengisi bak mandi namun bocor maka mubazir. Ingat selalu dengan Melakukan kesalahan berulang ulang mengakiatkan kerugian ini ada kaitannya dengan proses bisnis, seringkali ketika melakukan analisa bagaimana prosedur kerja ternyata ditemukan ada proses bisnis yang bisa dilakukan perbaikan sehingga bisa meningkatkan marjin profit atau keuntungan perusahaan. Sederhana untuk dikatakan namun butuh effort atau upaya tindakan menganalisa proses bisnis agar tidak melakukan kesalahan berulang yang mengakibatan kerugian tanpa disadari.

Diantara tool yang biasa saya arahkan untuk dibuat adalah Formulir yang mengikuti aktivitas proses bisnis berikut dengan aturan mainnya, semisal jika anda di bidang arsitek atau kontraktor setelah menganalisa proses bisnis mulai hulu sampai hilir lalu ternyata anda temukan bahwa ada pemborosan waktu dan mengarah kepada cost / biaya ketika klien anda meminta perubahan yang tidak di dokumentasikan , contoh anda mendapatkan projek untuk membuat café dan pemberi project yaitu owner terdiri dari suami dan istri, setelah sepakat dengan desain lalu mulai di kerjakan oleh tukang dengan pengawasan mandor atau supervisor yang incharge . Di tengah perjalanan owner yaitu istri meminta kepada mandor untuk memberikan tambahan ornament di bagian ruangan dan permintaan ini tidak ada prosedur semisal form perubahan dan persetujuan dan approval, pokoknya hanya sebatas lisan, lalu mandor mengikuti perintah tersebut . lalu 2 mingguan suaminya datang ke café yang sedang dikerjakan dan kaget kok ada penambahan ornament lalu bertanya ke mandor kenapa ada penambahan dan hal itu membuat tampilan jelek serta tidak sesuai desain, mandor mengatakan yang minta istrinya namun suami tetap ngotot harus sesuai desain dan jika ada perubahan harus sepengetahuannya, akhirnya terjadi keributan lalu disepakati kembali sesuai desain spek dan artinya ini di bongkar, kalau sudah di bongkar artinya keluar biaya dan buang waktu sama dengan berkurang profit. Ingat hal ini dan bahkan buat poster dan tempel di di area produksi Melakukan kesalahan berulang mengakibatkan kerugian

Hal yang saya sampaikan diatas atau disetiap artikel adalah kejadian yang pernah saya alami ketika membantu pembenahan bisnis, dan jika hal ini tidak diubah dengan membuat form seperti yang saya sebut diatas maka tanpa disadari anda sudah kehilangan sekian prosentase keuntungan bisnis, jadi meski saya harus sering mengingatkan maka buatlah proses bisnis dengan lengkap agar tidak melakukan kesalahan yang berulang ulang.

Terapkan kontrol berlapis yaitu dengan membuat agenda morning briefing atau pertemuan untuk konsolidasi singkat dan memotivasi team serta mengingatkan pentingnya melakukan pekerjaan di awal dengan benar. Lain waktu akan saya tulis perbedaan morning briefing dan meeting. Untuk masa pembenahan saya menyarankan buat juga afternoon briefing atau setiap pergantian shift agar masalah yang ada di pagi sampai sore yang belum terselesaikan oleh team pagi , bisa dilanjutkan diselesaikan sesegera mungkin oleh team sore. Tidak mengejutkan bahwa ketika awal saya membantu program pembenahan banyak pemilik bisnis yang tidak memiliki budaya briefing dan meeting, karena tidak tahu bagaimana memulai dan bagaimana mengukur efektif atau tidaknya. Namun sudah banyak terbukti yang telah membuat sistem dan budaya briefing dan meeting mingguan bisa melakukan improvement atau perbaikan kinerja.

Masih banyak cara meningkatkan profit dengan membenahi internal, namun kedua hal diatas semisal briefing dan pembuatan form jika diterapkan dengan konsisten maka dalam 3 bulan jika anda hitung dan bandingkan anda akan mengetahui ada kenaikan profit, jadi jangan lakukan kesalahan berulang ulang mulailah bekerja keras dengan cerdas dan ikhlas totalitas. Ingat sekali lagi Melakukan kesalahan berulang mengakibatkan kerugian