memulai usaha setelah bangkrut

Saya menulis ini untuk pembaca yang masuk ke blog sederhana saya ini dengan pencarian cara memulai usaha setelah bangkrut. Mungkin di artikel sebelumnya (total artikel di blog ini 200 lebih) ada beberapa tulisan saya tentang sharing bagaimana pengalaman saya berjuang bisa keluar dari lilitan hutang bunga ber bunga (riba), bahkan saya juga menulis buku sendiri dan mencetak sendiri tentang bisnis modal tanpa hutang (riba). sekitar 250 halaman lebih dan saya jual Rp 125.000 (seratus dua puluh lima ribu rupiah). Alhamdulillah sudah lebih 200 an lebih kemarin dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Bagi anda yang ingin memulai usaha setelah bangkrut atau ingin keluar dari lilitan hutang rentenir atau hutang bunga berbunga, yang di butuhkan adalah pernyataan tobat kepada Allah swt. karena jelas-jelas riba itu di larang, semua agama juga melarang praktek riba. Yang kedua adalah sungguh-sungguh berjuang dengan totalitas dan merubah cara atau gaya hidup.

Tidak mudah untuk memulai lembaran hidup baru, karena ibaratnya anda dulu punya gaya hidup, kemana-mana naik mobil , punya kartu kredit lusinan bahkan lebih dari itu, rumah luas dan makan selalu tersedia mewah bahkan sering membuang buang lauk.

setelah anda bangkrut dan tidak punya uang lagi, maka semua teman, relasi dan bahkan keluarga menjauhi anda, takut kalau anda akan memberikan beban kepada mereka alias takut anda hutangi lagi.  Bahkan sering kali saya dapat telpon sampai di tinggal cerai istri , ada yang istrinya tidak kuat, atau juga karena di suruh mertua untuk bercerai sebab anda sudah tidak punya uang lagi dan hanya jadi beban keluarga.

saya bukan menasehati hanya sharing dan yang bisa membuat anda bangkit adalah diri anda sendiri. Berikut hal-hal yang perlu anda lakukan:

  1. hiduplah sehemat dan semurah mungkin
  2. pindah atau hijrah , jika memang rumah anda harus di sita atau terjual mau gimana lagi
  3. paling penting bertobat dan kembali kepada Allah Swt.
  4. memulai usaha/pekerjaan dengan apa yang anda lakukan, asal halal lalukan
  5. memulai usaha dengan modal ketrampilan,skill,pengalaman yang bisa anda lakukan
  6. jangan mencari cari alasan
  7. mulai mempelajari ilmu marketing untuk memasarkan produk atau usaha anda, baik secara online atau offline
  8. jangan pernah putus asa, sebab Allah SWT melarang untuk putus asa, terus berdoa dengan sungguh-sungguh dan berusaha dengan keras (totalitas)

jangan pernah berpikir untuk mencari hutang lagi, selama ada jasa atau produk yang bisa anda tukarkan selama itu pula anda bisa memiliki uang, karena uang adalah media untuk barter.  sekali lagi dagang atau jual sesuatu bisa produk atau jasa anda, baik ke perusahaan, personal atau kelompok.

belajar ilmu marketing baik marketing online dan marketing traditional

saya sendiri juga merasakan manfaat dan hikmah dari bangkrut ini, bahwa bisnis/usaha modal uang itu memang perlu, namun tanpa pengetahuan atau skill dan ilmu marketing, berapapun modal uang yang anda miliki akan habis. semoga artikel sederhana bisa memberikan wawasan. tetap berdoa dan terus berusaha memulai usaha setelah bangkrut

salam dobrak

Coach Anto PINBB 32A7FB94

Sukses bisnis & hidup bahagia Tanpa Riba (hutang bunga berbunga)