memulai usaha tanpa hutang

cara benar memulai usaha tanpa hutang dan riba

Tanggal 27 April kemarin saya mengisi sharing bisnis dengan pengusaha muslim Surabaya, dengan tema Membangun bisnis tanpa hutang tanpa riba, ada poin-poin penting yang saya ingin tuangkan di blog ini rangkuman dari tanya jawab di acara tersebut.

  1. Bagaimana memulai bisnis atau memulai usaha tanpa modal hutang ?

Saya menjawab berdasarkan pengalaman pribadi bangkit dari keterpurukan, bahwa siapapun orang bisa memulai bisnis atau usaha dengan modal uang seadanya, artinya modal disini juga bisa pengalaman anda , ketrampilan anda. Kalau modal uang ya tetap ada , minimal untuk cetak brosur atau proposal. Jadi anda tetap perlu uang bisa Rp 200 ribu. Uang ini anda manfaatkan atau pergunakan untuk membuat proposal bisnis atau penawaran anda, misal jika anda memiliki ketrampilan dalam bahasa asing, anda bisa membuat brosur sekaligus proposal untuk memberikan les private dirumah mereka. Nah disini saja anda sudah menjadi pengusaha dengan modal uang seadanya.

Tinggal bagaimana anda mengatur atau mengelola keuangan, anda bisa menabung dan hidup hemat untuk pengembangan usaha bimbel tersebut. Dan hampir semua bisnis yang orientasi langsung ke kastemer bisa anda mulai dengan brosur dan proposal. Tinggal komitmen mau tidak melakukan hal ini.

  1. Bagaimana melunasi hutang (bad debt) riba ?

Doa , Doa dan ikhtiar sungguh – sungguh, karena keyakinan yang kuat bahwa niat baik akan dikabulkan oleh Allah swt. Merubah gaya hidup atau life style dan memperbesar pemasukan dengan mengembangkan strategi marketing dan sales untuk bisnis anda, sebab cara untuk memiliki penghasilan lebih besar adalah dengan menjual bisa produk atau jasa. Dan yang utama penting adalah tidak mencari hutang baru untuk bayar hutang. Stop berhutang dan mulai berpikir strategi untuk peningkatkan omset penjualan dan profit atau keuntungan bisnis. Dan jangan lupakan Cash Money is Everything.

Kedua poin semoga memberikan inspirasi cara memulai bisnis tanpa modal hutang dan cara sederhana melunasi hutang dan riba.

Semoga memberikan inspirasi anda

Jabat Erat

Coach Anto