Mengatasi penjualan properti macet

Berikut sharing tentang bagaimana mengatasi penjulan properti yang macet atau seret penjualannya berdasarkan pengalaman ketika membantu developer properti.

Menganalisa kondisi market dan kompetisi.

Saya mungkin termasuk yang memilih tidak ingin bersaing atau ikut kompetisi memperebutkan market, dan lebih memilih pendekatan menggunakan strategi dan takti samudra biru atau blue ocean, memang tidak mudah untuk mengubah mindset owner atau menejemen ketika menjelaskan hal ini, butuh saya sampaikan fakta fakta dan analisa berdasarkan data yang sudah saya kumpulkan untuk meyakinkan mereka dan mencoba pendekatan strategi dan taktik blue ocean atau samudra biru.

Ketika saya diberitahu bahwa penjualan perumahan mereka mengalami seret bahkan cenderung macet sudah lebih 6 bulan hanya terjual beberapa unit dan itupun menggunakan KPR serta belum proses akad, maka saya segera mengumpulkan data serta membuat riset mendalam, baik sisi internal dan eksternal.

Untuk sisi eksternal diatara yang saya lakukan melakukan analisa kompetitor bukan untuk meniru dan bersain dengan mereka, karena memang bukan cara saya bersaing atau memperebutkan marketshare perumahan di malang.

Setelah memiliki data dan analisa bahkan segera membuat strategi value proposition dan strategi komunikasi pemasaran dan penjualan termasuk strategi harga, promo dan lain lain.

Alhamdulillah dalam 12 bulan hasilnya luar bisa dan semua penjualan secara tunai dan cash bertahap.

Namun sebuah strategi pasti akan selalu di tiru oleh kompetitor maka, harus selalu berpikir beda dan tetap tidak terjebak dalam pusaran persaingan berdarah darah, selalu ada dan banyak cara untuk bisa keluar dari persaingan. Karena ketika bersaing harga maka tentu berdampak kepada laba dan juga akan panik ketika meski sudah bersaing harga promo masih kalah dan konsumen lebih memilih kompetitor, maka jangan bersaing , gunakan cara yang berbeda sebagaimana prinsip menang tanpa perang.