Modal dari sampah membangun Masjid

Modal dari sampah membangun Masjid.

Jawa pos pada hari ini tampil istimewa untuk menyambut HUT Kota Malang yang ke 103 tahun. Diantaranya menyajikan berita Dari Sampah berdirilah Masjid. Warga RW 06 Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowok waru yang berada di perumahan puri kartika asri berhasil mendirikan masjid Al Mustaqim dari sampah. Ide Modal dari Sampah membangun Masjid bisa di terapkan di daerah daerah lainnya. 

Berawal ketika 2012 lalu , warga ingin mendirikan masjid, tapi dana yang terkumpul dari sumbangan warga tidak mencukupi untuk membangun masjid. Kemudian muncul ide dari pak wagimin mengusulkan meminta sumbangan lagi kepada warga namun bukan berbentuk uang tapi sumbangan sampah. Maka dengan ide sumbangan sampah dari warga dan juga bantuan dana dari sumber lain, akhirnya masjid bisa terbangun.

Mengajak masyarakat untuk mencintai kebersihan, ketika warga di ajak untuk memilah dan mengumpulkam sampah untuk di berdayakan sebagai modal membangun masjid maka secara tidak langsung mengajarkan budaya kreatif dan selalu menjaga kebersihan ini layak di contoh

Air Wudhu juga bisa menghasilkan Uang. Tidak hanya ide membangun masjid dari mengumpulkan sampah, namun juga ide mengolah air dari aliran wudhu untuk mengaliri kolam lele yang berada di sekitar masjid, menurut bapak mustaqim selaku ketua takmir masjid mengatakan ide itu untuk memanfaatkan aliran air wudhu dari pada terbuang percuma maka untuk mengairi 3 kolam ikan lele.

Selain memiliki kolam lele juga ada kebun sayuran yang di tanam di sekitar masjid, tujuannya daripada lahan kosong maka di manfaatkan untuk berkebun sayuran. Selamat hari jadi kota malang yang ke 103 tahun.