Penyebab target omset gagal tercapai

Penyebab Target Omset Gagal Tercapai

Rekan-rekan pengusaha yang luar biasa, kali ini saya akan sharing hal yang selalu menjadi pertanyaan kenapa target penjualan tidak tercapai dan penyebab target omset gagal tercapai. Bahkan masalah gagal mencapai target omset perusahaan bisa menjadi perdebatan serius ketika rapat tahunan di selenggarakan oleh perusahaan atau sesi evaluasi per 3 bulanan di gelar. Dimana antara bagian sales marketing, pengadaan, distribusi , R N D bisa saling menyalahkan. Namun bahasan kali ini lebih kepada skala bisnis UKM atau usaha kecil menengah.

Kalau dibagi ada 2 faktor penyebab target omset gagal tercapai , yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Penjelasan kedua faktor penyebab target penjualan tidak tercapai akan dibahas semudah mungkin dan contoh contoh solusi yang pernah saya lakukan.

Faktor Eksternal. Diantara faktor eksternal yang bisa mempengaruhi gagalnya target omset telah anda tetapkan adalah:

  • Ada bencana alam sehingga mempengaruhi siklus dan distribusi anda kepada penyalur , pengecer hingga konsumen
  • Perubahan peraturan pemerintah baik pusat dan lokal / setempat juga bisa mempengaruhi target omset penjualan, contohnya perusahaan rokok dengan adanya sejumlah aturan baru untuk membatasi peredaran dan penjualan rokok. Anda bisa menganalisa sesuai dengan bisnis anda.
  • Kondisi Ekonomi juga bisa mempengaruhi karena akan berdampak kepada daya beli masyarakat dan keputusan untuk menahan pembelian.
  • Siklus bulan atau musiman juga bisa mempengaruhi naik dan turunnya target penjualan, semisal ketika bulan ramadhan ada beberapa jenis bisnis atau usaha yang omset penjualannya menurun semisal wedding planner atau wedding organizer namun untuk bisnis kuliner, ekspedisi bisa terjadi kenaikan signifikan atau masa panen raya, untuk itu anda harus membaca data dan analisa siklus penjualan selama anda berbisnis temukan di musim dan bulan apa saja terjadi trend penurunan dan trend kenaikan dari sini untuk menyusun strategi tahunan dan proyeksi pendapatan.
  • Kena Gusur J ini saya masukkan karena memang kenyataan dilapangan saat lokasi usaha pindah bisa menurunkan penjualan, contoh ketika saya ngobrol dengan pengusaha yang punya usaha di lokasi Jakarta , menurut beliau omset penjualannya jauh turunnya bahkan drastic setelah di gusur.
  • Masuknya kompetitor baru . Masuknya kompetitor bisa menurunkan penjualan ketika anda tidak siap, namun ketika anda waspada dan siap serta sudah membaca dan mendapat informasi maka anda bisa membuat rencana untuk mengantisipasinya , sebab sudah sunnahtullah setiap bisnis akan terus muncul kompetitor baru dan sunnahtullah siapa yang siap dan beradaptasi bisa terus bertahan bahkan tumbuh kuat.

Faktor Internal : Kita akan focus di faktor internal ini karena perusahaan atau anda dan team bisa langsung mengubahnya agar penyebab target omset gagal tercapai bisa di antisipasi.

  • SDM berkurang atau tidak kompeten – ini bisa menjadi penyebab target omset penjualan tidak tercapai, coba anda lakukan analisa jika tahun sebelumnya atau bulan bulan sebelumnya target omset bisa tercapai apakah ada faktor SDM yang ikut mempengaruhi, apakah karena jumlah SDM yang terlibat menjadi berkurang atau SDM yang lama sejak keluar dan diganti SDM baru yang belum kompeten atau belum berpengalaman ikut menjadikan sebab gagalnya target omset penjualan tidak terpenuhi.
  • Team Sales Marketing yang tidak terlatih , coba anda analisa apakah team sales marketing yang sekarang ini sudah memiliki standard kompetensi semisal pengetahuan akan produk dan layanan perusahaan sudah betul betul menguasai, kemampuan presentasi yang bagus, pengetahuan seputar kompetitor , dibekali sales scripts untuk mengatasi keluhan dan penolakan, untuk itu saya menyarankan 1 bulan sekali secara konsisten atau istiqomah melakukan role play, karena ini penting bahkan saya sering menyarankan role play diulang beberapa kali ketika mengikuti event semisal pameran ,expo dll.

Untuk lanjutan artikel penyebab gagal target omset tercapai versi PDF silahkan WA saya di 085755333610 untuk saya kirim Gratis.