Persaingan oleh oleh khas malang

Menarik sekali mengamati perkembangan usaha kuliner di kota malang, kali ini saya mengamati seputar oleh oleh khas malang yang dalam 3 tahun terakhir ini cukup mengalami perkembangan luar biasa, saya sebut luar biasa karena pengusaha yang ikut meramaikan usaha kuliner di kota malang adalah para publik figur yaitu arti artis yang namanya sudah sangat populer.

Sekitar 1 mingguan saya mau menuju jalan bandung dan di dekat SOB saya melihat outlet oleh oleh baru milik Krisdayanti dengan merek MAKOBU tepatnya di jalan ijen nomer 82 Malang, saya sendiri belum masuk ke Outlet Makobu milik Krisdayanti. Dengan hadirnya Makobu maka Persaingan oleh oleh di kota malang semakin menarik. Sebut saja bisnis oleh oleh milik sejumlah artis papan atas , ada milik Tengku Wisnu, Farah Quin, Anang & Ashanti dan terbaru Krisdayanti. Bagi pengusaha kecil tentu bisa menjadi masalah semisal penurunan penjualan, namun saran saya tidak usah terlalu galau atau khawatir , jika anda memposisikan sebagai pesaing dengan bisnis oleh oleh milik para artis anda akan kalah modal dan brand, sebab mereka para artis sudah punya fans loyal sehingga lebih mudah dalam memasarkan oleh oleh mereka dengan berbagai aktivitas pemasaran mulai ATL, BTLM , MIX , Online dan Offline.

Namun jika anda menyikapi dengan pikiran jernih dan fokus kepada strategi keluar dari situasi Persaingan maka anda bisa tetap memiliki keunggulan dengan menerapkan strategi yang tepat, pelayanan, kebersihan dan inovasi nilai yang berfokus kepada pelanggan dan perusahaan, inovasi ini penting namun inovasi yang membuat bisnis anda tumbuh dan tidak memberatkan biaya, silahkan anda cek blog saya coachsantoso.blogspot.com disitu ada lebih 260 artikel sekarang yang membahas cara keluar dari situasi bisnis yang berdarah darah dan membangun bisnis tanpa riba , karena riba jelas di larang oleh Alloh , tetap tenang dan tidak usah terlalu bingung khawatir Persaingan oleh oleh khas malang.

Memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang

Dalam mengatasi Persaingan oleh oleh khas malang penting sekali kalau anda memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu anda harus punya sistem yang mampu memonitor secara realtime kondisi terkini bisnis anda, mulai status keuangan, penjualan, sdm dan pergerakan pasar, ini yang menjadi masalah dan kendala para pengusaha kecil yang tidak menyadari pentingnya memiliki strategi dan sistem bagi bisnisnya. Saya melihat sendir bagaimana beberapa pemilik usaha oleh oleh khas malang yang sudah lebih dari 7 tahun mulai merasa kecolongan ketika beberapa tahun ini muncul toko atau outlet oleh oleh yang di brand dengan khas atau asal malang, meskipun secara nilai historis oleh oleh tersebut tidak berasal dari malang, namun karena strategi komunikasi branding dan pemasaran yang intens dan terarah serta terancang dengan baik maka oleh oleh yang asalnya tidak dikenal di malang sebelumnya bisa menjadi identitas oleh oleh khas asal malang.

Dulu oleh oleh khas malang hanya kripik tempek, kripik buah dan telo kawi

Banyak memang yang mengatakan oleh oleh asli malang yang sudah puluhan tahun yang kripik tempe , kripik, namun dengan banyak inovasi oleh oleh khas malang , maka pengusaha oleh oleh yang sudah puluhan tahun bisnis oleh oleh khas malang harus segera bangkit dan segera menyusun langkah langkah yang jitu untuk bisa survive di tengah Persaingan oleh oleh khas malang yang semakin seru nantinya.