Persaingan tour travel ticketing online

Persaingan tour travel ticketing online

Alhamdulillah setelah sempat 3 hari down blog ini , sudah bisa aktif dan testing posting artikel sudah bisa, kali ini saya ingin menulis tentang persaingan bisnis tour travel dan ticketing online yang semakin marak. Kebetulan dalam beberapa hari ini saya sedang ngobrolin bisnis ticketing online gara gar sering lihat iklan traveloka dan saingannya yang sering nongol alias muncul di televise nasional, pasti bisnis yang gurih dan enak hehe karena berani iklan di televisi nasional yang tentunya biaya besar. Dan kalau sampai traveloka dan saingannya berani iklan tentunya pasti sudah di analisa, melalui serangkaian riset sehingga muncul strategi marketing dan menggunakan media televisi nasional sebagai salah satu pilihan dari serangain strategi marketing bauran mereka.

Dunia memang cepat berubah dan siapa yang tidak siap akan perubahan maka tunggu saatnya akan dilibas, anda tahu beberapa tahun lalu termasuk saya menggunak mesin fax untuk mengirim dan menerima pesan cepat dari berbagai kota dan Negara, namun kini mesin fax sudah nganggur kalaupun masih ada buat hiasan siapa tahu 20 tahun lagi jadi barang antik hehe.

Kembali ke persaingan usaha tour travel dan penjualan tiket online

Saya dulu kalau travelling dan membutuhkan tiket pesawat serta hotel biasanya saya datang ke salah satu agen di kota yaitu sebut saja KAHA J , itu adalah hal yang rutin dan juga karena ingin dapat voucher hotel murah. Namun semenjak 1 tahun terakhir ini saya sudah tidak pernah mengginjakan kaki di KAHA tour and travel lagi, karena saya tinggal membuka smartphone aplikasi Traveloka pilih tiket pesawat dan hotel dapat diskon lagi, klik langsung pembayaran dalam hitungan tidak sampai 5 menit semua transaksi bisa selesai Wow ..! keren. Saya tidak tahu apakah banyak juga pelanggan travel semisal KAHA yang memilih menggunakan Smartphone dan ONLINE TRAVEL AGEN sebagai pilihan,kalau iya maka harus WASPADA dan segera menyusun strategi A, B,C,D sampai Z J

Saya menuliskan artikel ini tidak ada hubungan dengan traveloka sumpah bukan saudara pemilik traveloka hehe, namun lebih kepada sharing bahwa ketika anda berbisnis maka bersiaplah akan adanya perubahan perubahan baik yang bisa di prediksi maupun yang tidak terduga, sebagai pemilik bisnis anda harus dituntut peka dan bersiap untuk bisa berselancar dengan ombak perubahan. Karena saya juga melihat salah satu tour travel dan penjualan tiketing yang dulu 10 tahun lalu luar biasa ramai ternyata sekaran waktu saya kesana iseng , tempatnya tidak seperti dulu bersih, sepi dan di langit langit atap banyak jaring laba laba. Persaingan tour travel ticketing online memang bisa membuat usaha yang 10 tahun lalu berdiri kokoh mulai rontok

Inovasi dan Marketing adalah kunci dari pertumbuhan bisnis begitulah terjemahan bebas dari Peter F Drucker. Anda harus selalu dituntut untuk ber inovasi dan kreatif dalam membuat strategi marketing, termasuk dalam hal bisnis tour travel dan penjualan tiket pesawat online.  Gunakan selalu data dan terbiasa memetakan data dan angka angka untuk mengetahui pertumbuhan market share anda atau malah berapa persen market share anda yang pindah ke kompetitor, apakah pindah untuk sementara dan nanti akan kembali lagi atau malah tidak pernah lagi beli atau berbisnis dengan anda.

Dengan menggunakan data dan angka , setidaknya anda bisa bersiap siap jika ada badai besar akan datang atau gempa , ini mirip alat atau radar pendeteksi badai gempa. Ketika belajar dengan jay Abraham Marketing Konsultan dan Bisnis Strategi termahal di amerika pernah mengatakan ada 3 hal untuk membuat bisnis anda tumbuh sehat dan berkembang

Pertama ketahui jumlah pelanggan baru anda

Kedua ketahui jumlah pelanggan lama anda

Ketiga ketahui berapa banyak pelanggan baru yang datang dari referensi dan berapa banyak pelanggan loyal yang menjadi pembela merek/brand anda.

Ingat bisnis tidak tutup atau bangkrut mendadak kecuali kena bencana alam, ketika penjualan anda turun, ketika sulit pelanggan lama datang lagi dan memberikan referensi ketika kesulitan uang cash maka itu tanda tanda bisnis anda harus segera di tangani dengan serius , seperti orang yang sakit masuk IGD harus di pasangi alat atau tools untuk memonitor keseluruhan organ tubuh.

Ada banyak tools untuk memeriksa diantara yang sederhana adalah anda melakukan survey berkala tingkat kepuasan brand dan konsumen secara suka rela memberikan referensi, tidak usah galau KEEP PRAY, KEEP CALM TERUS LAKUKAN IMPROVEMENT dan monitoring.