Punya 100 outlet lalu tinggal 40

Kemarin saya di WA oleh salah satu alumni yang pernah ikut kelas marketing dan debtfree yang dulu nya pernah cukup sukses sebagai pengusaha mebel dan furniture di kota kendari lalu terlilit riba dan hutang, kemudian memulai usaha baru yaitu jualan pentol, setelah 1 tahunan lebih tidak kontak lalu akhirnya menelpon setelah sebelumnya WA. Beliau menceritakan bahwa punya 100 mitra. Wow luar biasa, sahut saya langsung saya sampaikan pak ari selamat ya, namun harus hati hati pondasi bangunan bisnis harus kokoh agar tidak roboh.

Dan jawaban beliau mengejutkan bahwa dari 100 outlet , kemudian rontok menjadi 40 mitra. Benar coach saya merasakan pondasi bisnis tidak kuat dan asal asalan, setelah menguraikan kendala dan mengevaluasi maka saya menyampaikan untuk datang ke kendari , insya Allah doakan ya pak ari, biar saya bisa bantu urai dan menganalisa bisnis pentolnya.

Bahwa penyebab bisnis bangkrut diantaranya adalah terlalu cepat tumbuh tanpa di barengi dengan pondasi sistem bisnis yang kokoh.

Sudah banyak contoh bisnis yang banyak cabang akhirnya tutup dan menyisakan hutang, padahal produknya bagus namun ibarat bangunan yang pondasinya tidak ada atau tidak kuat akhirnya rontok, punya 100 outlet dalam waktu singkat itu mudah namun hati hati itu bisa mempercepat bisnis anda tutup ketika anda tidak mengetahui bahwa bisnis anda tidak kuat pondasinya sehingga terkena gempa sedikit saja bisa rontok

Leave a Reply