Punya banyak cabang kok malah nombok terus

Bisnis warnet dengan cabang  banyak malah rugi terus

Kok bisa ya kalau di catatan keuangan harusnya uangnya dapat banyak tapi kenyataan malah saya sering nombokin, begitu kata  salah satu peserta workshop pengusaha yang memiliki usaha warnet & games online yang dikombinasikan dengan printing. Warnetnya cabangnya banyak lebih dari 6 dari yang awalnya cuman 1 dulunya.

Namun saat sesi sharing dengan saya beliau mengatakan bahwa setelah punya banyak cabang di warnet sekaligus GAMES Online terlengkap tersebut malah sering kekurangan uang untuk bayar  tagihan bank,pegawai,operasional dan lain lain.  Dan si ibu ini harus bekerja lebih keras untuk menutupi semua tagihan-tagihannya dengan membuka beberapa bisnis pendamping yang diharapkan bisa membantu menyumbang pemasukan.

Dengan usaha yang lebih keras memang akhirnya di dapat tambahan pemasukan namun pengusaha wanita ini bilang hidupnya seperti dikejar-kejar tagihan dan tidurnya sangat kurang hal ini Nampak di raut muka wajahnya yang terlihat capek buanget gitu lho.

Bagi pengusaha impian memiliki banyak cabang sering mengoda dengan dasar pemikiran kalau punya 1 cabang bisa dapat omset Rp 30 juta maka jika punya 3 tinggal kalikan saja , apalagi punya 10 cabang wow..! bisa punya penghasilan Rp 300 juta perbulan ! cukup menggiurkan.

Dan saya sangat sering mendapatkan keluhan dan curhat hal tersebut diatas dalam setiap sesi workshop & mentoring.

Biasanya setelah mengikuti proses mentoring setelah workshop Alhamdulillah banyak yang mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan jika anda ingin membuka cabang.

  1. Pelajari & evaluasi sistem & proses bisnis anda ini.
  2. Buat daftar cek list operasional sederhana namun komplit.
  3. Bicarakan dengan semua orang yang terlibat dalam bisnis anda mulai dari staff operasional hingga keuangan & managemen.
  4. Jangan tergoda buru-buru membuka cabang terutama jika beda daerah/kota sebab sudah banyak kuliner yang sukses di kota A belum tentu sukses di kota B
  5. Jangan lupakan risk management atau hal-hal yang berpotensi akan membawa masalah bagi bisnis anda, saya termasuk yang tidak setuju jika bisnis itu asal jalan dan tidak perlu dipikir karena  saya juga pernah BANGKRUT !.
  6. Miliki seorang Bisnis coach & mentor yang memiliki pengalaman praktis & system, bukan sekadar teori .
  7. Persiapan bisa saja gagal namun tanpa persiapan anda akan GAGAL.

Setiap orang yang mempunya bisnis awalnya adalah keinginannya untuk memiliki waktu yang lebih leluasa dan uang yang lebih banyak dibandingkan dengan saat menjadi karyawan, namun jika setelah punya bisnis anda malah lebih banyak Stress, Waktu untuk keluarga malah sedikit dan hutang makin banyak itu artinya anda salah dalam bermain atau menjalankan bisnis anda.