Punya hutang 15 Milyar

Sudah lama tidak menulis atau update di blog ini, saya mau sharing saat ketemu dengan pengusaha muda dari surabaya, yang punya hutang Rp 15 Milyar, saat saya menulis di blog ini, kami baru selesai ngobrol tentang persoalan bisnis beliau.

Usahanya di bidang engineering, untuk oil & gas, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, singkat cerita beliau mendapatkan proyek dengan nilai yang besar, dan untuk bisa memenuhi hutang, maka di pilihlah permodalan dengan beberapa sumber dan bunga beragam, tertinggi bunganya 15%-20%. Lalu , apa yang di rencanakan meleset semua, dan mulai di kerumuni beragam masalah, para supplier meminta tagihan-tagihan yang memang harus di bayar, dan sumber permodalan juga ikut meminta, bunga sekaligus cicilan yang harus di bayar, tidak perduli apapun persoalannya.

Harus di bayar, kalau tidak bunganya akan di lipat, sehingga istilahnya bunga terkena bunga. Saya menyampaikan pendapat berdasarkan apa yang saya pelajari dari para pengusaha muslim yang sukses menjalankan bisnis tanpa riba, juga pengalaman pribadi keluar dari lilitan hutang riba.

Kuncinya pertama adalah Niat, jangan pernah berniat cari hutangan, lagi. seperti yang saya duga, beliau juga terkejut dengan saran saya, sebab saat berangkat dari rumah, sudah rencana untuk Top up, hutang lagi. setelah saya beberkan alasan yang logis dari sisi bisnis, dan juga dalil di qur’an dan hadist tentang ancaman Allah swt bagi, para pelaku riba, baru beliau bisa mulai paham.

Mindset dan Strategi untuk fokus kepada peluang , meningkatkan sales dan membuat rencana ulang strategi bisnis, itu yang saya sarankan, dan terbukti bahwa menjalankan bisnis , dengan modal hutang bunga berbunga, sangat riskan, bisnis adalah tentang Strategi, modal uang memang penting, tapi kalau harus menggunakan riba, mungkin anda harus pertimbangkan lagi.

Hidup di dunia untuk bekal kelak di akherat, jika Allah swt, sudah melarang riba, pasti sudah menyediakan jalan lain. Tinggal kita nya , Yakin tidak dengan jalan Nya. Otak manusia memiliki kemampuan yang luar biasa, dan iman yang kuat , yakin akan jalan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, adalah syarat mutlak untuk bisa sukses dengan cara yang baik, halal dan tidak melanggar aturanNya