Punya usaha penjualan tiket pesawat, Tutup meski lokasi strategis

Punya usaha penjualan tiket pesawat, Tutup meski lokasi strategis

Awalnya saya hanya berniat mencari teman yang memiliki usaha tour & tiketing di kota malang yang lokasi strategis sebab di jalan utama kota malang, di sekitar lokasi tersebut juga ada yang membuka usaha sejenis, ada bengkel Yamaha & Honda juga Suzuki serta ada juga beberapa bank nasional dan juga internasional, artinya lokasi seharusnya tidak ada kendala untuk mendatangkan leads secara offline.

Saya tidak tahu persis bagaimana usaha tour & tiketing pesawat yang di jalankan oleh teman saya itu bisa tutup, sebab seingat saya belum 2 tahun dan juga kemitraan. Pertemuan dengan saya 1 tahun lalu sempat membicarakan  tentang review strategi marketing & sales. Namun karena ada tugas luar kota akhirnya di pending sampai akhirnya saya teringat dan waktu saya ingin berkunjung ke kantornya sudah tutup, dan di hubungi hand phonenya tidak aktif.

Dan ini bukan pertama kali saya melihat tempat usaha yang secara pemilihan tempat strategis akhirnya tutup, kalau secara detil penyebab tutupnya usaha itu banyak, bisa aja lack of knowledge dalam hal pengelolaan keuangan, managemen dan factor lain. Namun yang paling vital adalah lack of CASH. Tidak adanya pemasukan yang bisa menutupi biaya operasional baik itu gaji karyawan, operasional dan termasuk juga jika memiliki hutang serta kalah dengan kompetitor dalam hal penetrasi market.

Teringat Peter F Drucker yang legenda bisnis & marketing guru yang mengatakan bahwa dalam bisnis 2 hal yang paling penting adalah “Inovasi dan Marketing” dan jika di renungkan memang 2 hal ini sangat vital dan harus menjadi perhatian terus, bagi pemilik bisnis.

Anda punya usaha di bidang tour , travel dan tiketing ? apakah anda sudah memiliki plan atau rencana dalam marketing & sales baik jangka pendek atau jangka panjang? Apakah anda sudah memonitor secara tepat pergerakan uang masuk dan uang keluar, serta kondisi penjualan? Jika belum mungkin belum terlambat sekarang untuk memulai

Wassalam

Semoga anda tambah sukses

Coach Anto

PIN 32A7FB94

CoachSantoso@Hotmail.com
14bc86a36b06c11ca734df38b429c4526622b345114d7b1d24