saya kasih bonus buah 2 pak

Strategi marketing ala penjual buah.

Baru pertama kali saya membeli buah di penjual buah keliling yang biasanya mangkal di pojok tersebut, karena anak saya yang menunjuk minta beli buah, ada beragam buah di kotak kaca harganya sama semua Rp 1000,- (seribu rupiah). Saya bilang ke penjual buah beli Rp 10.000,- (sepuluh ribu) campur semua buahnya. Penjual buah tersebut mengambil buah-buahan dan dengan cekatan, memasukkan ke kantong plastik, sambil berkata ‘saya kasih bonus 2 pak pilih apa saja, dalam hati spontan saya teriak ‘asyik dapat bonus 2 buah ini’ hehe, norak ya. Dan spontan saya menjawab semangka dan nanas. Kemudian penjual buah tersebut memasukkan bonus buah ke kantong plastik dan menyerahkannya kepada saya.

Rasa ingin tahu saya segera muncul dan bertanya, pak apa tidak rugi kok kasih bonus 2 segala, dijawabnya tidak pak masih untung kok, dalam hati ini keren bisnis ya harus untung apapun metodenya hehe. Kemudian saya tanya lagi apa setiap yang beli Rp 10.000,- (sepuluh ribu) dapat bonus 2 buah?. Dijawab oleh penjual buah tersebut ‘tidak semua pak’ biasaya yang saya kasih itu yang bawa anak-anak atau yang sudah lanjut usia. Wow, dalam hati saya berkata strategi marketing tukang buah ini punya target market yang detil, yang beli minimal Rp 10.000,- (sepuluh ribu) dan bawah anak-anak atau yang lansia.

Apa maksudnya pak? Jawabnya sederhana, biar anaknya senang dan bantu lansianya, makan buah segar dan murah. Itu saja. Memang penjual buah ini tidak terlalu paham tentang ilmu dan strategi marketing, namun bagi saya strategi marketing dalam menjalankan bisnis buahnya tersebut bisa menjadi daya tarik sendiri, buktinya buah sering habis ludes sebelum ashar sudah pulang.

Dan yang paling penting jawaban dari penjual buah tersebut, apakah tidak rugi member bonus extra dijawabnya tidak rugi. Dan yang senang adalah saya dan anak saya karena dapat tambahan 2 buah, lagian cuman Rp 10.000,- dapat 12 buah. Itu yang di sebut teknik Kejutan, tidak hanya penjual buah itu saja yang menerapkan untuk merebut hati pelanggan, secara alami beberapa pedagang sembako, pakaian,kuliner,gadget juga menggunakan teknik ‘shocking’ ini, anda pun bisa menduplikasikan teknik ini, untuk mengejutkan pelanggan anda. Yuk makan buah.