sekapur sirih buku move on

Buku ini awalnnya hanya sebatas catatan catatan tentang perjalanan saya, saat menjadi pengusaha dan bangkrut kemudian memulai usaha dengan modal Rp 200 ribuan membuka usaha advertising agency dan promotion, menawarkan kepada para pengusaha yang mengalami problem di iklan dan promosi yang tidak efekti. saat itu saya menelpon perusahaan atau pengusaha yang memasang iklan dan promosi di media koran,brosur,baliho untuk saya tanya apakah program promosi dan iklannya sudah efektif atau belum, jika belum akan saya bantu membuat konsep dan copy writing, dan apabila pengusaha bilang sudah efektif maka saya tawarkan untuk membuat lebih efektif dan mengurangi biaya iklan dan promosi, dari sini saya berkembang sampai akhirnya bertemu dengan rekan pengusaha yang mengeluh tentang masalah hutang yang tidak kunjung selesai serta bisnisnya yang mengalami stagnan dan penurunan.

Saya sendiri saat kondisi terpuruk tidak tinggal diam, saya mengevaluasi seluruh kesalahan saya, dan mencari tahu cara untuk memperbaiki agar tidak terlulang. saya membaca buku-buku bisnis,marketing,sales,psikologi,biografi dan buku-buku yang membuat pikiran tetap terjaga “positif dan tetap yakin serta bersemangat”.

Kesalahan fatal saya yaitu saya menjalankan bisnis awal-awal tidak dengan ilmu dan strategi bisnis namun dengan nekad, serta mudah berhutang dari sini saya sadar bahwa banyak juga pengusaha yang mengalami masalah bisnis dan bad debt terlilit hutang akibat tidak memiliki ilmu Bisnis.

Saya belajar dengan ikut banyak seminar dan workshop yang mengajarkan tentang bisnis, marketing,sales dan management, sampai saya menemukan pencerahan bahwa pondasi ilmu yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha adalah ilmu Marketing,Selling dan Strategi Bisnis. Dan komponen vital dalam bisnis adalah Marketing dan Inovasi.