Selamat Idul Fitri

Saya mengucapkan selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua pembaca blog ini. Ada yang menarik saat bersilaturahiim dalam moment hari raya tahun 2015 ini, yaitu bahwa hampir semua pengusaha mengeluhkan tentang kondisi bisnis yang lesu atau sepi penjualan. Saat bertamu dengan tetangga yang kebetulan saudaranya memiliki dealer otomotif salah satu merek di Tulung agung menceritakan bahwa tepat sekitar 1 mingguan sebelum lebaran, showroom atau dealer otomotif yang dimilikinya tutup karena sudah tidak mungkin bertahan dikarenakan sepinya order.

Sementara itu saya juga bertemu dengan pengusaha spare parts dan aksesoris sepeda motor yang biasanya lebaran itu panen dan membagi parcel ke banyak pelanggan namun tepat memasuki bulan puasa justru bisnisnya tutup dan kendaraan operasional serta dagangannya harus di ambil orang karena tidak mampu membayar hutang.

Ada apa ini? apakah benar kondisi perekonomian indonesia yang makin lesu? kalau membaca berita koran dan juga melihat tayangan di layar TV bahwa dengan kondisi dolar yang saat ini sudah di level Rp 13ribuan per USD, juga beberapa masalah kebijakan pemerintah yang berimbas kepada penurunan ekonomi.

Saya sendiri jauh-jauh hari bahkan sekitar 7 bulanan sudah memberikan prediksi berdasarkan akumulasi data-data “market” yang sebenarnya jika anda jeli, dengan membaca koran,mendengar berita radio dan menonton program di TV yang berhubungan dengan topik ekonomi,bisnis dan politik akan punya gambaran apa yang kemungkinan terjadi dalam 7 hingga 1 tahun kedepan. Bahkan bisa lebih jika memiliki metode pengumpulan data yang bagus.

Kembali ke berita penurunan lesunya penjualan, maka saya menanyakan ke grup alumni dan klien yang memiliki beragam usaha, nampaknya memang ada penurunan namun dengan persiapan hal itu tidak banyak berdampak negatif, dalam bisnis rugi itu biasa namun penyebab bisnis tutup atau bangkrut bukan karena RUGI TAPI KARENA TIDAK PUNYA UANG CASH!.

Memiliki System,SOP dan Monitoring dalam Bisnis anda sangat diperlukan, terutama di area keuangan, anda harus tahu kondisi keuangan perusahaan anda sedang sehat atau sakit atau malah sedang berdarah-darah.

Yang menarik adalah dari pembicaraan salah satu kenalan yang bekerja di perusahaan otomotif brand “D” malah mengatakan target penjualan mobil mereka terpenuhi bahkan melampaui target penjualan. Ini menarik bahwa dalam kondisi ekonomi yang lesu selalu ada yang penjualannya meningkat pesat 🙂

Semoga bermanfaat , dan jika anda ingin sharing kondisi bisnis dan keuangan anda yang mungkin sedang lesu, silahkan add pin bb saya 32A7FB94 WA 085755333610