Setiap hari harga murah dijamin

Mengenal strategi harga dalam bisnis

Seperti biasa setiap akhir bulan istri mengajak saya menemani belanja bulanan dan kali ini yang dipilih adalah salah satu supermarket nasional meski kami bukan termasuk yang anti terhadap pasar tradisional namun kali ini ajakan untuk belanja di supermarket saya iyakan.

Begitu masuk di supermarket mulai terlihat poster & spanduk yang bertuliskan promo semisal , Harga murah setiap hari, Termurah, Promo Bulan ini, Beli 2 gratis 1 , Beli 3 gratis 1, Paling Murah di Jamin, Diskon 25%, Diskon 50%,Diskon 70%  adalah kata-kata yang mendominasi di lingkungan supermarket nasional tersebut.

Karena saya orang yang termasuk suka blusukan ke pasar-pasar tradisional jelas saya tahu harga buah berapa, harga sabun berapa, harga minyak goring berapa dan sebagai seorang yang berkecimpung di dunia Marketing saya juga paham tentang prinsip Strategi Promosi dan Harga.

Intinya yang namanya Strategi Marketing & Selling tidak akan Rugi meski harganya dibuat Murah sekalipun bahkan semisalnya ada dikasih hadiah Sepeda Motor hingga Mobil, prinsipnya tetap harus menguntungkan perusahaan dan pemegang saham. Kalau rugi itu bukan bisnis namanya hehe

Taktik penetapan harga

Tujuan strategi penetapan harga itu beragam bisa untuk mengantisipasi kompetitor,meraih market share dan lain-lain. Gol nya yaitu membuat perusahaan tetap mendapatkan keuntungan maksimal. Sedangkan taktik penetapan harga itu sendiri jumlahnya lebih dari 10 macam dan masing-masing punya maksud dan tujuan masing-masing. Dan penting sekali anda mengetahui siklus proses yang menyebabkan harga bisa murah atau harga yang membawa dampak psikologis terhadap pelanggan atau konsumen anda.

Berikut akan saya sharing beberapa strategi dan taktik penetapan harga yang secara umum bisa untuk semua jenis bisnis atau usaha, namun anda harus tetap menyesuaian dengan tipe dan karakter bisnis anda,disamping memperhatikan beberapa variable bisnis anda agar tidak malah tekor.

Harga murah setiap hari

Penetapan harga murah setiap hari sudah dikenal sejak Wal-Mart  yang di dirikan 50 tahun sukses menggunakan tagline ‘Harga Murah Setiap Hari’ pakar marketing mengatakan strategi yang digunakan oleh Wal-Mart adalah untuk membentuk opini bahwa mereka bisa memberikan harga yang lebih murah setiap hari dengan lebih dari 1000 store yang tersebar diseluruh dunia tentunya tidak mudah untuk meniru strategi ‘Harga Murah Setiap Hari’. Namun saya melihat supermarket nasional tersebut meniru atau mirip kalau tidak disebut persis dengan strategi harga murahnya Wal-Mart. Dan ini juga dilakukan oleh yang lainnya.

Apakah betul harga murah bahkan lebih murah setiap hari dibanding yang lain?

Pertanyaan ini tentu sah-sah aja dilontarkan oleh konsumen termasuk istri saya, kalau untuk hal ini yang paling gampang harus pakai pendekatan apple to apple , tapi siapa mau keliling kota untuk membandingkan harga gula misal dengan 100 toko.

Kombinasi antara program Harga Murah Setiap Hari dan Promo yang lain biasanya dilakukan agar terus tertancap dalam benak konsumen ‘kalau mau yang harganya murah datang aja ke xxx, sering ada diskon besar-besar lho’.

Tempat yang nyaman, rapih dan penataan dan penempatan barang juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan strategi ini.

Harga ganjil

Pernah anda melihat promo harga Rp 50.000,- lalu di coret menjadi harga 39.999,- atau menjadi 47.999,- itu disebut metode pemberian harga dengan prinsip psikologis bahwa konsumen tidak terlalu perduli dengan harga di belakang yang dibuat ganjil yang penting 2 (dua) angka di depan.

Sebenarnya masih panjang penjelasan tentang strategi marketing untuk harga, setidaknya ini memberi pengetahuan bagi yang belum tahu & semoga bermanfaat.