Sistem konsinyasi

Tulisan ini adalah hasil copas dari blog saya www.SantosoProfitMaker.com yang sekarang lebih sering di update, sebab saya bisa langsung posting via BBM :).

Di master mind tgl 14 juni hotel sahid surabaya, ada beberapa pengusaha yang menjadi produsen, dan untuk menjual produk,mereka menggunakan sistem konsinyasi atau titip jual ke toko-toko yang sesuai dengan segmen produk.

Apakah strategi konsinyasi ini efektif? , saya jawab bisa efektif bagi pengusaha yang memiliki cashflow yang sehat dan kuat. Namun tidak efektif bahkan jangan dilakukan secara serampangan, bagi yang minim modalnya dan cashflow nya sedang sakit.

Saya punya pengalaman menjadi distributor makanan, waktu itu masih belum tahu ilmu dan strategi bisnis, pokoknya dalam pikiran saya adalah bagaimana menjual dengan cepat dan massive atau banyak.

Maka saya menitipkan produk makanan tersebut ke toko-toko makanan, dan hasilnya luar biasa, banyak yang mau, hehe. Sebab disamping rasanya enak dan pakai sistem konsinyasi, dari sisi pemilik Toko Win, karena tidak keluar modal dan barang jadi banyak pilihan. Alhasil, setiap 2 minggu bahkan ada yang 3 minggu saya harus mendatangi satu persatu toko untuk meminta berapa yang terjual dan juga menganti yang expired atau rusak.

Dan cash saya sangat terganggu oleh sistem konsinyasi, sebab saya waktu itu baru mulai. Dan parahnya pakai uang hutang dengan bunga “investor abal-abal”.

Maka di master mind saya kupas tentang cara bermain di sistem konsinyasi dan juga bagaimana meningkatkan CASH Money.

Akhirnya peserta nyambung dengan berkata, betul juga ya coach, kalau yang mau ambil barang bagus pasti banyak, tapi yang mau bayar Cash dan juga Tepat itu yang harus di pikirkan.

Jadi jika anda saat ini menggunakan sistem konsinyasi segera cek pembukuan dan analisa setiap pos , serta buat kategori kastemer dan strategi untuk meningkatkan cash, sebelum terlambat.

Bisnis itu cari uang cash, bukan cari “kertas tulisan anda profit”

PS: silahkan rutin berkunjung ke blog saya www.SantosoProfitMaker.com , semoga bermanfaat