strategi pemasaran dan promosi

Pemasaran yang tepat dan promosi yang efektif bukan hanya meningkatkan omset namun juga profit .

Kegiatan pemasaran (marketing) adalah yang sering dilakukan perusahaan baik dalam lingkup atau skala kecil hingga luas, dalam kesempatan ini saya ingin sharing tentang kegiatan pemasaran (marketing) yang bukan hanya sekadar membangun awareness atau branding namun juga menghasilkan penjualan (sales).

Bagi perusahaan dengan budget marketing yang besar mereka memiliki program kerja marketing dan sales dalam melakukan penetrasi pasar dan merebut konsumen melalui kampanye marketing yang disusun.

Namun bagi perusahaan skala menengah tentunya strategi pemasaran (marketing) yang hanya bertujuan branding dan difokuskan kepada penjualan (sales) akan memiliki dampak kepada pemasukan, jadi saya akan sharing berdasarkan pengalaman dalam menangani program pemasaran dan penjualan yang saya terapkan kepada klien.

Pemasaran (marketing) cenderung melibatkan promosi yang umumnya pasti melibatkan iklan baik itu media radio,tv,Koran,brosur,billboard,sms dan juga menggunakan media internet.

Terlepas menggunakan media iklan gratis atau bayar semua tergantung dari pembuat strategi pemasaran (marketing). Kalau gratis tentu tidak berakibat kepada budget namun jujur kalau gratis 100% juga tidak ada pasti ada sesuatu biaya yang harus di keluarkan meski gratis J.

Sedangkan jika menggunakan yang bayar tentunya secara opini dan logika lebih menjangkau target yang tepat asal tahu caranya, semisal iklan di radio, Koran, televisi, spanduk dll, namun kalau tidak dilakukan dengan tepat pastinya akan terbuang budget, hal ini juga dialami klien-klien saya yang pernah menggunakan media iklan semisal Koran,radio, brosur dan spanduk, apakah media Koran tidak efektif ….? Kalau berdasarkan pengalaman saya selama ini, bahwa semua media iklan itu efektif jika dilakukan dengan tepat.

Tepat artinya tahu caranya bagimana membuat penawaran dan mengkonsep iklan dan promosi yang bisa mendatangkan konsumen bahkan penjualan, jadi tidak ada media yang tidak efektif karena media adalah media atau sarana untuk mengkomunikasikan produk anda dengan konsumen anda.

Beberapa tips yang selama ini saya pakai dalam membantu klien menyusun stragegi pemasaran melalui iklan Koran.

  1. Pastikan anda tahu siapa yang menjadi konsumen anda secara benar artinya bukan general Karena semakin general akan semakin kehilangan daya magnet promosi ataupun iklan yang anda buat. Semisal jika anda punya usaha kuliner berbahan ayam anda perlu membuat list dan track sheet program marketing dan juga cara menyampaikannya kepada konsumen yang memang suka ayam.
  2. Memiliki cara mengukur program promosi tersebut apakah berjalan sesuai rencana atau tidak, jika iya teruskan jika tidak segera ubah.
  3. Pahami dan sadari bahwa yang memiliki bisnis sejenis diluar itu banyak deferensiasi produk memang diperlukan sebagai pembeda dengan yang lain, namun deferensiasi yang diukur dari sisi anda selaku owner sering kali gagal, berapa banyak produk yang unik bahkan aneh malah tidak laku dan tutup.
  4. Siapkan beberapa materi promosi dan mulai dari kecil jangan langsung luas, saya pernah mendapatkan klien yang cerita dia sudah pasang spanduk seluruh perempatan kota namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan.
  5. Tahu kapan saat promosi yang tepat, ini memang tidak umum namun timing juga pengaruh dalam membuat promosi anda maksimal

Begitu sharing sedikit tentang strategi pemasaran dan penjualan, tentunya tidak cukup jika saya sampaikan disini, bagi anda pemilik usaha yang tidak mau repot ingin membuat strategi pemasaran yang bisa mendatangkan hasil maksimal bisa hubungi saya (anto) di 0857.55.333.610 dan Pin BB 32A 7FB 94 atau email ,saya akan bantu membuat strategi pemasaran dan promosi yang efektif untuk usaha anda.

[wp_ad_camp_1]