Strategi Pemasaran Hotel

Strategi Pemasaran Hotel di tuntut berubah

Saya ingin menulis artikel sharing tentang Strategi Pemasaran Hotel budget, strategi pemasaran hotel baru atau strategi pemasaran hotel melati. Membaca koran surya kemarin tanggal 14 januari tentang artikel impas dari keputusan pemerintah melarang PNS untuk mengadakan Rapat/Meeting di Hotel sehingga di katakan di koran surya tersebut tingkat hunian hotel di jatim – jawa timur, turun hingga 50%  (50 persen). Dan untuk hotel atau guest house yang memiliki layanan kitchen namun minim hotel sudah mulai menutup layanan tersebut, karena minimnya tamu hotel dan juga imbas dari kenaikan bbm gas elpiji.

pemasaran hotel unik

http://www.ignant.de/2013/02/19/best-of-unique-hotels/

Tentunya ini mengharuskan menagement mengevaluasi lagi tentang strategi pemasaran hotel, baik hotel budget, guest house, hotel melati atau hotel bintang. Kebetulan saya sendiri pernah bekerja di sektor pariwisitan dan hotel bintang 4 sehingga mengetahui tentang pentingnya mengevaluasi dan memonitoring setiap keputusan pembuatan Strategi Pemasaran Hotel.

Seringkali kalau saya menginap di hotel saya tanyakan tentang tingkat hunian kamar hotel, tamu yang paling banyak menginap dan lain-lain , sekedar ingin memuaskan rasa ingin tahu dan mencoba membuat list survey pribadi, karena suatu saat saya mendapatkan klien yang memiliki usaha hotel melati, guest house, hotel baru atau hotel berbintang saya sudah memiliki data tersendiri yang bisa membantu dalam mengumpulkan analisa Strategi Pemasaran Hotel.

Saya baca di koran surya bahwa saat ini sebagian hotel menerapkan Strategi Pemasaran Hotel dengan merambah pelanggan atau klien corporate / perusahaan swasta yang memang tidak tersentuh aturan pemerintah tersebut, juga mengandeng agen travel perjalanan.

Strategi Pemasaran Hotel dengan mengandeng agen tour & travel , sopir taxi meskipun sudah lama , memang masih efektif, yaitu dengan memberikan tips/komisi dari setiap tamu yang di antar menginap di hotel. Namun dalam Marketing tidak ada yang abadi dan pasti, sebab Ilmu Marketing sendiri bukan ilmu pasti. Dan jika hanya sedikit hotel yang menerapkan Strategi Pemasaran Hotel melalui pendekatan kerja sama agen tour and travel , sopir taxi . Maka masih kebagian kue / pelanggan yang banyak. Namun saat semua hotel menerapkan hal yang sama tentu akan terjadi kompetisi di dalamnya, sebut saja semisal tahun 2000 jumlah hotel di kota Malang tentu berbeda dengan sekarang. Bagi perusahaan yang sangat peduli tentang Marketing is Everything and Everything is Marketing maka akan selalu membuat monitoring bulanan, per 3 bulan, per 6 bulan dan per tahun untuk sebagai bahan rujukan menerapkan Strategi Pemasaran Hotel.

Misalnya jumlah hotel tahun 2000 masih 10 , lalu tahun 2015 menjadi 50 tentu ini akan mempengaruhi tingkat hunian hotel dan mempengaruhi omset atau omzet penjualan hotel tersebut. Karena Market share nya jadi berkurang, saya analogikan semisal orang yang membuka usaha makanan di kantin sekolah, 5 tahun lalu yang jualan di kantin sekolah hanya 2 orang, dengan jumlah murid 400 an orang, lalu sekarang menjadi 4 orang yang ikut berjualan dengan jumlah murid yang sama sekitara 400 an orang. Tentu ini akan mempengaruhi penurunan omset penjualan kantin tersebut.

Hal – hal sepele tersebut yang kadang tidak di perhatikan oleh pemilik usaha dalam melakukan strategi pemasaran dan taktik penjualan, sehingga sering merasa mengabaikan ketika mulai terjadi penurunan omset atau penjualan, kalau sudah parah baru kebingunan mencari jalan keluar.

Strategi Pemasaran Hotel ,Hotel Budget atau Guest House juga memiliki kemiripan yang sama, namun bicara marketing atau pemasaran, sering orang mengatakan bahwa marketing adalah promosi sehingga dalam benaknya harus mengeluarkan anggaran atau budget promosi dan kadang menyalahkan kalau promosinya tidak berjalan.

Berdasarkan pemikiran saya dari pengalaman di Marketing atau pemasaran, Marketing itu Mudah bisa di pelajari 1-2 hari, namun untuk menguasai Marketing dan bisa menghasilkan Profit atau keuntungan dari Marketing itu butuh waktu dan jam terbang ini adalah kutipan yang saya ambil dari Dr philip kotler yang di sebut sebagai salah satu Guru / Pakar Marketing DUNIA.

Membuat Strategi Pemasaran Hotel jangan terfokus kepada budget, memang budget utama namun harus di ingat tentang ROI dan ROR Marketing yang akan dapatkan, tidak masalah keluar dana selama terukur dan tahu apa yang di dapatkan dari Strategi Marketing yang anda buat.

Sekian dulu tentang sharing saya tentang strategi pemasaran hotel, Insya Allah akan di sambung lagi artikelnya, dan bagi anda yang ingin konsultasi atau bantuan bagaimana cara meningkatkan omset dan hunian hotel budget, hotel melati , hotel baru, bisa hubungi PINBB 32A7FB94 atau WA 085755333610 atau bisa datang ke rumah, sebab kantor saya sekarang di rumah, Alhamdulillah deal dengan perusahaan besar juga di rumah cukup 🙂 . Semoga saya bisa membantu menemukan formula efektif bagi anda untuk Strategi Pemasaran Hotel