Testing dalam Marketing

Kali ini saya akan sharing mengenai pentingnya testing,testing,testing dalam marketing. Siapapun anda yang pernah melakukan kegiatan promosi atau advertising pasti pernah mengalami dengan gagal mencapai target dari kegiatan promosi yang telah direncanakan dan dieksekusi dilapangan. Iklan koran sudah dicetak,brosur,baliho sudah iklan radio dan iklan televisi juga sudah. Saatnya menanti respon dan hasilnya yang ternyata Meleset Jauh ..! dari perkiraan bahkan mungkin ada yang gatot alias gagal total.

promosi yang gagal

contoh real atau nyata,saat saya bertemu pengusaha yang memiliki usaha makanan siap saji,beliau mengatakan kenapa iklan atau promosi yang dilakukan seringkali tidak sesuai gol atau target yang telah dicanangkan? semisalnya program promosi yaitu bagi yang berulang tahun makan gratis, atau mendapatkan free jus buah, dan ternyata respon dari market/pasar atau konsumen tidak seperti yang diharapkan bahkan nyaris tidak ada perubahan karena tidak mencapai target.

Apa yang salah coach ? tanya beliau. Kalau sudah begini saya biasanya melakukan proses ngebor (bukan goyang gebor 🙂 ) dan napak tilas dari apa yang telah dilakukan oleh beliau dalam ikhtiarnya untuk meningkatkan omset penjualan usaha makanan siap saji yang telah dirintis beberapa tahun.

Saya bisa menemukan banyak hal biasanya lebih dari 10 (sepuluh) yang menurut saya bisa sebagai sumber sebab kenapa program promosi yang telah dirancang oleh tim marketing tidak berhasil dengan maksimal?

Tidak adanya Testing

Ini memang masuk penyebab utama yang seringkali saya temui atau jumpai dalam membantu perusahaan atau pengusaha UKM yang sedang bermasalah dengan marketing , promosi dan advertising. Perlu selalu diingat bahwa manusia itu bukan robot yang bisa dibaca atau diprogram untuk melakukan sesuatu yang sudah ditentukan, dalam hal ini adalah kasus promosi makanan siap saji semisal yang berulang tahun gratis makan atau gratis minum jus buah, sekilas kalau diamati ini adalah program yang bagus toh !? yaitu perusahaan memberikan makanan dan minuman gratis bagi yang berulang tahun.

Saya tidak bicara detil tentang membuat marketing plan 3 bulan 6 bulan atau marketing plan 1 tahun mungkin dilain waktu saja saya akan sharing. Disini saya ingin fokus dengan topik pentingnya menggunakan testing,testing,testing dalam setiap kegiatan promosi. Karena yaitu anda tidak bisa menebak pasti keinginan konsumen atau pasar, kecuali anda bisa melihat tembus ke pikiran dan hati kastemer.

Karena tidak tahu persis maka penting anda melakukan testing, testing, testing, untuk testing bisa sangat banyak mulai dengan misal menjalankan program promosi ini untuk pelajar dalam hal ini remaja kemudian makanan yang digratiskan adalah nasi goreng dan jusnya adalah jus alpukat, ini anda harus testing saat membuat misal brosur,pamflet,iklan. anda bandingkan dengan jika targetnya adalah mahasiswa/i makanan yang digratiskan bubur ayam dan kopi luwak. Lihat respon yang paling banyak, jika semisal opsi nomer 2 lebih bagus responnya maka anda pertahankan.

Merasa bosan

Ini juga bisa menjadi masalah saat pengusaha menjalankan promosi lalu merasa program promosinya sudah jenuh sehingga menghentikannya padahal respon dari pasar masih sangat bagus, ini artinya anda mengikuti pikiran anda sendiri bukan berdasarkan data atau keinginan konsumen. Jadi meskipun bonus bubur ayam bagi anda membosankan namun jika respon masih sangat bagus dengan bubur ayam yaa kenapa anda tidak terus melanjutkan sampai terjadi flux trend yang artinya anda harus berhenti dan berinovasi lagi.

Informasi Workshop DOBRAK Omset,Profit & Brand sekaligus

Insya Allah pada tanggal 20 mei saya akan mengadakan lagi kelas Workshop yang berfokus untuk meningkatkan Penjualan yang lesu dan stagnan dengan strategi marketing yang aplikatif bisa dilakukan dan ini sudah teruji.

Bagi sebagian besar orang memahami marketing itu mudah namun kenyataanya banyak bisnis yang tutup akhirnya karena tidak berhasil bertahan, disebabkan tidak memiliki Omset,Profit dan Cash.

Berikut sebagian testimoni

1.Alhamdulillah penjualan Kulit Manggis naik 100% – Bpk Abdul Rahman JKT

2.Setelah Praktek Metode Coach Anto Penjualan Ezy Store naik 10x lipat {dengan modal Rp 100 ribu} – Bpk Ir Nasirudin Penulis buku Blue Print penerbit Gramedia & Owner PT EazySmart -JKT

3.Alhamdulillah Rumah Herbal pasien meningkat meskipun musim hujan padahal biasanya sepi – Bu Lusy Rumah Herbal RHC – Bekasi

4.Alhamdulillah dgn arahan & bantuan coach anto BIMATERA {Pusat Terapi Autis sejak th 2000} bisa berkembang & Tersistem

5.Thanks to Allah & Coah Anto Penjualan Produk Teh Herbal tembus 50.000 Kotak – Bpk Abu Darul Syifa Jkt

6.Alhamdulillah Penjualan Sprei Water Proof Meningkat berkat arahan & praktek metode coach anto – Bpk Taufik Produsen Sprei Water Proof – Tangerang

7.Mantap ketemu niche Setelah praktek mantap hasilnya penjualan meningkat. Bpk Suherman Produsen Fashion wanita – Jakarta

8.Alhamdulillah Thanks Coach Lombok Surgawi meningkat – Ibu Fitri owner lombok surgai tour travel – surabaya & lombok

9.Alhamdulillah Coach anto penjualan Brownies saya meningkat terus – Bu Aisyah – Surabaya

10.Ternyata Meningkatkan Omset Bisnis tanpa harus Hutang Bisa…! – Bpk Arief Produsen Batik Tulis Asli Pekalongan

Dan masih banyak lagi…!

Saya jarang membuka Workshop Reguler karena kesibukan Private. Kini saya akan membuka Workshop 1 hari Full day yang berisi 80% strategi aplikatif utk membantu peningkatan Omset,Profit dan Branding Dengan Konsep Dobrak Out Of the Box..

Workshop yang biasanya saya adakan di Hotel kini akan diadakan di MrTacoz.com – Surabaya

Ciri khas Workshop saya adalah memaksimal strategi Marketing & Sales untuk meningkatkan Penghasilan dan Fokus melunasi Hutang bagi yang terlilit Hutang Bunga berbunga.

Garansi !.. Adalah bentuk komitmen saya, jika anda telah PRAKTEK dan mengikuti ARAHAN saya selama 60 hari tidak Meningkatkan Omset & Profit anda, silahkan hubungi saya untuk minta REFUND Uang anda. Agar berkah bagi saya & anda tidak merasa kecewa atau terdholimi.

Penting sekali peserta memahami setiap rencana harus diikuti dengan eksekusi dan monitoring/evaluasi tanpa itu maka hanya akan menjadi wacana

Agar saya bisa mengawasi dgn baik maka setiap worksho saya batasi pesertanya, sebab pendampingan setelah workshop itu kunci kesuksesan peserta. Maka saya membatasi hanya 25 Peserta saja, dan saat ini tersisa 22 peserta saja.

Catat Tanggal 20 Mei di Surabaya mulai pukul 09.00 – 18.00

Investasi Normal Rp 1,2 jt / orang
Early Bid Rp 950 ribu / orang
Lebih hemat bayar ber 3 Rp 1,5jt

Saya berikan Bonus Strategi Online Marketing dgn Twitter untuk Mendongkrak penjualan anda . #Terbukti

Hubungi saya di Pin 32a7fb94 atau Telp 088801008450