Tidak punya uang cash penyebab bangkrut

Tidak punya uang cash penyebab bangkrut

Inilah 7 masalah yang sering dialami oleh pengusaha yang konsultasi kepada kami sejak tahun 2012 membuka layanan konsultasi marketing, sales dan pembenahan bisnis, apakah anda termasuk pengusaha yang mengalami 7 masalah dibawah ini ?

  1. Bekerja keras siang malam demi bisnis, berakhir tetap miskin dan masih terlilit hutang
  2. Bisnis stagnan alias tidak tumbuh secara signifikan
  3. Kesulitan meningkatkan keuntungan perusahaan
  4. Bingung selalu kekurangan atau tidak punya uang cash
  5. Utang dan semakin menggunung
  6. Kesulitan menjual karena semakin ketat persaingan
  7. Bisnis tidak bisa ditinggal kalau di tinggal tidak akan berjalan atau berantakan.

Point nomer 4 tidak punya cash penyebab bangkrut, sering dominan dan ini akan memicu kondisi panik sehingga akan berusaha melakukan segala daya dan upaya untuk mendapatkan uang cash meski dengan cara meminjam uang alias berhutang dengan bunga ber bunga (riba). Contoh nyata ketika seorang pengusaha ditagih untuk membayar supplier yang sudah lama jatuh tempo dan harus di bayar dalam 3 hari , maka pengusaha tersebut akan berusaha mencari hutang bahkan meskipun dengan bunga cukup besar, dan saat berhutang ketika di tanya apakah sanggup mengembalikan dalam 2 minggu maka karena terpaksa dan tidak ada pilihan pengusaha tersebut mengiyakan. Dari sini mulai lilitan hutang dimulai karena ketika 2 minggu kurang 1 atau 2 hari pengusaha ini akan mencari hutangan baru dan berjanji membayar sesuai permintaan si pemilik uang, di tambahkan lagi kejadian semisal harus bayar gaji karywan, harus beli bahan baku produksi, harus bayar tagihan telpon dan lainnya maka semakin stress.

Untuk mengatasi ketujuh masalah diatas tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin, ini ibarat orang terkena penyakit kategori gawat semisal kanker tumor ganas , maka perlu penanganan intensif serta terukur progress dan pencapaiannya setiap hari. Ada yang menarik ketika saya mengevaluasi bisnis para pengusaha kebanyakan mereka tidak bisa membedakan antara dapat penjualan dan dapat uang cash. Karena untuk bisnis tertentu ketika produk terjual atau dibeli belum tentu dapat uang cash, ada yang bentuk invoice mundur 2 minggu bahkan 30 hari, disinilah jebakan yang sering tidak diketahi pengusaha jadi memang sudah sering terjadi tidak-punya-uang-cash-penyebab bangkrut

Kebanyakan pengusaha yang terlilit hutang memang tidak menjalankan bisnis dengan menejeman yang baik serta paham betul tentang siklus keuangan, siklus hutang dan piutang , besaran minimum DP , titik BEP dan lainnya. Jadi ketika pengusaha mengalami 7 masalah diatas itu tanda tanda perusahaan tidak sehat dan mengarah ke bangkrutan. Di blog ini juga pernah saya sharing artikel tentang cara ampuh untuk bisa melunasi hutang dengan cepat tanpa nambah hutang dan halal, semoga artikel Tidak punya uang cash penyebab bangkrut bermanfaat, butuh konsultasi untuk pembenahan dan peningkatan bisnis hubungi saya coach santoso di nomer WhatsApp yang tercantum.