Tidak semua sales yang prestasi penjualannya selalu bagus bisa jadi sales manager

Tidak semua sales yang prestasi penjualannya selalu bagus bisa jadi sales manager

Terinsipirasi dari pertanyaan alumni workshop marketing tentang apakah merekrut top sales yang dari internal perusahaan untuk menjadi sales manager adalah pilihan tepat ? pertanyaan ini akan saya jawab dari kapasitas berdasarkan pengalaman menjadi sales hingga sales manager dan business manager  dan juga pembelajaran saya selama ini. Jawabnya adalah belum tentu tepat merekrut sales manager dari internal perusahaan untuk dijadikan sales manager , lho kenapa sebabnya pak ..? begitu pertanyaan salah salah peserta.

Sebab menjadi sales itu lebih banyak fokus kepada pencapaian secara personal ( pribadi ) artinya pencapaian nya di ukur dari penjualan pribadi, sehingga kalau dia menjadi TOP sales di perusahaan sebab kemampuan dia dalam memanage mindset dan semangat personal sudah bagus , dan kalau menjadi sales manager  lebih luas lingkup tanggung jawabnya adalah tentang pencapaian kolektif seluruh tim sales perusahaan , dan ini menyangkut ketrampilan atau skill memimpin dan memotivasi hingga membuat FDG atau focus discussion grup serta monitor tim sales baik secara grup maupun personal.

Dan seringkali terjadi owner yang mengangkat Sales terbaiknya naik peringkat menjadi Sales Manager mengalami kebingungan, pertanyaannya adalah kenapa saat menjadi sales  prestasinya bagus dan penjualannya selalu melewati sales-sales yang lain. namun saat di angkat jadi Sales Manager kok prestasinya jeblok, jika anda kebetulan selaku owner membaca sharing tulisan ini atau pun anda sebagai sales yang sedang menjalani masa percobaan menjadi sales manager harus memperhatikan poin kata SALES + MANAGER.  jadi disarankan sales yang dipersiapkan menjadi sales manager di bekali tentang ketrampilan cara memimpin dan memanage, bisa dimulai dengan memimpin tim sales kecil dulu atau di taruh di cabang lain sebagai Asst. Manager dan di ikutkan training yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai manager.

(bersambung)  Anto 0857.55.333.610 PINBB 32 A7FB 94